Khoiruddin, Muhammad Rizqi (2022) Eksistensi Taman Baca Aina Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Anak-anak Di Desa Kajar Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (110kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (487kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi dan faktor penghambat peningkatan Literasi Membaca anak-anak di Taman Baca Aina Kajar Dawe Kudus. Berdasarkan realita yang ada bahwa anak-anak di zaman sekarang lebih tertarik pada game, smartphone, maupun sosial media yang kurang tepat dikonsumsi oleh anak-anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi terhadap institusi pendidikan yang terkait yang bertempat di Taman Baca Aina Kajar Dawe Kudus. Sumber diperoleh dari ketua Taman Baca Aina, tim pengelola Taman Baca Aina, dan anak-anak yang mengikuti kegiatan di Taman Baca Aina. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Upaya untuk meningkatkan eksistensi Taman Baca Aina di Desa Kajar Dawe Kudus dilaksanakan melalui dua kegiatan meliputi kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam waktu 5 hari dalam satu minggu dan kegiatan inti yang dilaksanakan dalam waktu 2 hari dalam seminggu. Kegiatan rutin mingguan yang dilakukan taman baca aina dalam rangka meningkatkan minat literasi anak-anak meliputi kegiatan membaca bebas dan pendampingan belajar. Kemudian kategori kegiatan inti mingguan yang dilaksanakan taman baca aina meliputi kegiatan membaca di arena outdoor, dan membaca sambil bermain. Adapun metode yang dilakukan pengelola dalam upaya meningkatkan eksistensi taman baca aina untuk menunjang peningkatan minat literasi membaca adalah dengan metode menggambar sambil bermain dan ular tangga raksasa. 2) Faktor yang menjadikan kendala dalam upaya meningkatkan eksistensi taman baca aina guna menumbuhkan minat literasi membaca terhadap anak-anak di desa kajar, dawe kabupaten kudus adalah ketergantungan anak pada gadget, ketrbatasan dukungan dari orang tua, dan gedung penunjang yang masih perpindah-pindah. Keseluruhan hasil penelitian diperkuat dengan adanya hasil angket yang membuktikan bahwa Taman Baca Aina mampu membuat peningkatan literasi membaca anak di Desa Kajar Dawe Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksistensi Taman Baca, Literasi Membaca |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:11 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6843 |
Actions (login required)
View Item |