Fatimatuzzahroh, Fatimatuzzahroh (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Menempel Kepingan Bentuk-Bentuk Geometri Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Di RA Islamiyah Sumberarum Jaken Pati tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (475kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (841kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (700kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (657kB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yakni kegiatan penelitian yang dilakukan pada bidang tertentu, lembaga atau lingkungan tertentu.penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangya perkembangan motorik halus bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran menempel kepingan bentuk-bentuk geometri untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini di RA Islamiyah sumberarum jaken pati dan untuk mengetahui motorik halus anak usia dini dan juga untuk mengetahui pendukung dan penghambat dari metode pembelajaran menempel kepingan bentuk geometri. Dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti suatu obyek, suatu kondisi. Sumber data: data primer, sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokasi penelitian di RA Islamiyah Sumberarum Jaken Pati. Dan teknik analisis datanya menggunakan data reduction, penyajian data, verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran menempel kepingan bentuk geometri di RA Islamiyah Sumberarum jaken pati dilaksanakan secara tatap muka dan daring. Metode pembelajaran menempel kepingan bentuk-bentuk geometri ini adalah metode pembelajaran yang dimana anak usia dini harus lebih aktif dan kreatif untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya pembelajaran ini anak usia dini akan lebih bisa mengolah daya fikiran dan imajinasinya yang luas. Karena Motorik halus adalah gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu seperti jari-jemari, koordinasi mata dan tangan untuk melatih kecermatan, ketelitian, dan bertanggung jawab. Kreativitas itu sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk membuat suatu karya yang nyata atau baru yang melekat pada dirinya sendiri. Dengan itu anak usia dini diharuskan bisa meningkatkan kreativitasnya dengan cara kelancaran, keluwesan, keaslian, keterperincian, dan kepekaan. Pada metode pembelajaran menempel kepingan bentuk-bentuk geometri ada beberapa hambatan-hambatan anak didik yang sering terjadi di sekolahan. Seperti anak menangis, bertengkar,kurangnya stimulasi dari orang tua, kidal. Solusinya dengan cara adanya kerja sama dari guru dan orang tua untuk membuat sebuah metode ataupun strategi seperti membuat suatu perlombaan atau membuat sesuatu pembelajaran dengan tema bahan-bahan bekas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Menempel, Motorik halus, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 May 2022 01:38 |
Last Modified: | 11 May 2022 01:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6969 |
Actions (login required)
View Item |