Fajriana, Anggun Wulan (2022) Strategi Profesionanalisme Guru Rumpun mapel Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa MA Khoiriyah Waturoyo Margoyoso Pati pada masa pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (915kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (943kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (387kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (652kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (279kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui setrategi profesionalisme guru pendidikan agama Islam untuk mengupayakan pembentukan akhlak siswa MA Khoiriyah Waturoyo Margoyoso Pati pada masa pandemi. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti dilapangan sangatlah penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata - kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil peneliti menunjukkan bahwa, Perencanaan strategi profesionalisme guru rumpun mapel pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak di masa pandemi yaitu landasan formal dan landasan religius, kemudian melakukan pengupayaan pembentukan akhlak di masa pandemi dengan menggunkan cara melalui sistem manajemen organisasi sekolah yang berupa membuat tata tertib untuk pembelajran dari rumah dan dengan memiliki pengetahuan tentang kode etik guru yang menjadi contoh untuk anak didik, Pelaksanaan profesionalisme guru pendidikan agama islam dilakukan dengan melalui program sertivikasi dan melalui peningkatan kriteria guru pendidikan agama Islam dan pelaksanan pembentukan akhlak dengan metode nasehat, metode pembiasaan, metode keteladanan. Serta dengan melalui program ekstrakurikuler dan pengembangan diri yang berupa Program belajar membaca Alqur’an, program ramadhan, membantu korban bencana alam, ujian praktek dan keterampilan, testing kitab dan Alqur’an. Evaluasi strategi profesionalisme guru rumpun mapel berupa hasil dari pembentukan akhlak bahwa setrategi profesionalisme guru, faktor pendukung pembentukan akhlak dimasa pandemi yang meliputi dukungan dari kepala sekolah serta guru-guru dan sarna prasarana yang memadai dan lingkungan-lingkungan terutama lingkungan kluarga dan lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yakni pembawaan dari masing-masing individu, kluarga, lingkungan sekitar serta prilaku anak didik yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalime guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak masa pandemi |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 May 2022 07:13 |
Last Modified: | 13 May 2022 07:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6988 |
Actions (login required)
View Item |