Implementasi Tashih Tilawah Al-Qur’an Dengan Metode Yanbu’a Di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan (Ptyqm) Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

MAHFUDZ, ALI (2022) Implementasi Tashih Tilawah Al-Qur’an Dengan Metode Yanbu’a Di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan (Ptyqm) Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (671kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (400kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang 1) penerapan pembelajaran tashih tilawah Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kecamatan gebog Kabupaten Kudus. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tashih tilawah Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus 3) Sistem penilaian dalam pembelajaran tashih tilawah Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kecamatan gebog Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah Peneleitian lapangan dengan mengambil tempat penelitian di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an menwan, pengumpulan data dilKUKn dengan wawancara, data dan akhirnya dari data yang telah disusun tersebut di tarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahab data dilakukan dengan menggunakan tiangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Pembelajaran yang diajarkan yaitu menggunakan buku Yanbu’a Jilid 5, Jilid 6, Jilid 7 atau Gharib, pembelajaran menggunakan tiga metode mengajar yaitu: metode individual, metode klasik baca simak, metode menghafal. Langkah-langkah pembelajarannya yaitu dimulai dari kegiatan yang meliputi motivasi, kegiatan inti yang meliputi eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, serta terakhir kegiatan penutup yang meliputi doa dan salam. Evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah : tes kenaikan perhalaman, tes kenaikan jilid dan ujian tashih. 2. Terkait faktor yang melatar belakangi penerepan metode Yanbu’a dalam pembelajaran tashih tilawah Al-Qur’an di Halaqoh tingkat Mts tahfidz Yanbu’ul Qur’an menawan terdapat factor pendukung dan factor penghambat yang dijadikan bahan pertimbangan untuk menerapkan metode tersebut. Faktor pendukung adalah: adanya dukungan dari kedua orang tua, adanya minat belajar dari dalam diri sendiri, Adanya Ustadz badal sebagai pengganti ustadz yang berhalangan hadir dan sarana prasarana pendukung penerapan metode Yanbu’a sudah lengkap. Dan faktor penghambanya adalah: santri yang gak masuk lebih dari satu hari, maka dia bisa ketinggalan dari teman-temannya, Santri keluar masuk halaqoh dengan alasan ijin kebelakang, maka dapat menghambat proses pembelajaran, Berteman sama teman yang pemalas, Kurangnya perhatian dari orang tua. 3. Sistem penilaian pembelajaran tashih tilawah Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan (PTYQM) yang digunakan disini meliputi dua tahapan yaitu: tes kenaikan perhalaman, tes kenaikan jilid / juz, tes tashih. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi para pembaca dan juga memberikan tambahan wawasan keilmuan pada bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tashih Tilawah Al-Qur’an Dengan Metode Yanbu’a
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2022 06:27
Last Modified: 17 May 2022 06:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item