Ayuniasari, Ayuniasari (2022) Peran guru dan orang tua dalam menerapkan aspek perkembangan fisik motorik melalui tugas luring dan daring pada kelompok B RA Maslakul Falah II Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (527kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (423kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (327kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (788kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (217kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui peran pendampingan guru dan orang tua dalam menerapkan aspek perkembangan fisik motorik melalui tugas luring dan daring pada kelompok B RA Maslakul Falah II Jekulo Kudus (2) Proses pelaksanaan pendampingan guru dan orang tua (3) Faktor pendukung dan penghambat pendampingan guru dan orang tua (4) Solusi pendampingan permasalahan yang terjadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dimana yang pendekatannnya menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan dua sumber data yakni primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh dari wawancara dan observasi sedangkan sumber sekunder bersumber dari dokumentasi dalam penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil penelitian yakni 1) Peran pendampingan guru dan orang tua dalam menerapkan aspek perkembangan fisik motorik berupa pemberian motivasi dan arahan terhadap guru maupun orang tua dan juga peserta didik.2) Proses pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menyiapkan bahan ajar serta ragam main yang diperlukan ketika proses pembelajaran berlangsung baik. Proses pembelajaran yang dilakukan berpedoman dengan RPPH, RPPM, Promes, Prota yang beraku. 3) Faktor penghambat yaitu guru yang kurang kreatif dalam memberikan pembelajaran secara online yang berupa video pembelajaran, orang tua yang gaptek dengan teknologi, kuota internet yang terbatas, serta kurangnya update orang tua dalam menerima pemberian tugas secara daring. Faktor pendukung adanya sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran serta guru yang menyediakan akses luas kepada wali murid ketika mengalami kendala dalam hal pembelajaran. 4) Solusi pendampingan permasalahan yang terjadi dengan rapat evaluasi antara guru dengan orang tua guna meninjau kembali permasalahan yang terjadi dan turut andil dalam membantu anak belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fisik Motorik, Luring dan Daring |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 May 2022 02:23 |
Last Modified: | 19 May 2022 02:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7023 |
Actions (login required)
View Item |