Konsep Pendidikan Tauhid Dalam Kitab Aqidatul Awwam Relevansinya Dengan Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah

Luthfiyah, Maulida (2022) Konsep Pendidikan Tauhid Dalam Kitab Aqidatul Awwam Relevansinya Dengan Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (702kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (393kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)

Abstract

Peserta didik mempunyai peran penting dalam proses belajar mengajar, adapun proses pembelajaran yang cenderung membosankan pada pembelajaran Akidah Akhlak akan mengakibatkan kurangnya minat dalam proses belajar yang dipengaruhi oleh sedikitnya materi yang menjelaskan mengenai akidah dan akhlak dan pembelajaran yang terlalu monoton. Oleh karena itu kitab Aqidatul Awwam dijadikan salah satu materi penunjang dalam pembelajaran Akidah Akhlak agar dapat menanamkan atau membentuk karakter pendidikan dalam diri peserta didik mulai sejak dini.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan tauhid dalam kitab Aqidatul Awwam, dan untuk mengetahui relevansinya pendidikan tauhid dalam kitab Aqidatul Awwam dengan pembelajaran Akidah Akhlak pada kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan.Adapun teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan “Deskriptif Analitis”, atau analitis kritis, yaitu mengkaji gagasan primer mengenai ruang lingkup permasalahan yang dipercaya oleh gagasan sekunder yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1)Konsep pendidikan tauhid mengenalkan pada peserta didik mengenai keesaan Allah dan mengajarkan peserta didik untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan, kebenaran Allah, malaikat-malaikatnya, kitabnya, rasulnya, hari akhir dan qada’ qadarnya Allah. Dan pendidikan tauhid menekankan untuk pengenalan Allah sebagai Tuhan semesta alam. (2) Konsep pendidikan tauhid dalam kitab Aqidatul Awwam mencakup materi yang membahas mengenai aqaid khomsin (aqaid 50), dan aqaid ini sendiri terdiri dari 20 sifat wajib Allah serta 20 sifat mustahil bagi Allah, dan satu sifat jaiz bagi Allah yaitu, fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu. Adapun 4 sifat wajib bagi Rasul, serta 4 sifat muhal bagi Rasul, dan satu sifat jaiz bagi Rasul yaitu, A’radul Basyariah yang artinya sifat-sifat ringan yang dimiliki oleh manusia. Adapun akidah lainya yaitu 25 Rasul dan 10 malaikat Allah beserta sifat-sifatnya, kitab-kitab suci Allah yang terdiri dari 4 kitab. Dan yang terahir merupakan iman kepada hari kiamat. (3) Konsep pendidikan tauhid dalam kitab Aqidatul Awwam mempunyai keterkaitan dan kesamaan dalam materi pembelajaran Akidah Akhlak yakni dalamsegi ruang lingkup pendidikan akidah dan pembentukan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tauhid, Kitab Aqidatul Awwam, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah
Aqaid dan Ilmu Kalam > Kitab-Kitab Allah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2022 03:31
Last Modified: 19 May 2022 03:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7033

Actions (login required)

View Item View Item