Huda, Nazmil (2022) Penerapan Hukuman Dalam Membentuk Disiplin Santri Putra Di Pondok Pesantren Al-Ghurobaa’ Tumpang Krasak Jati Kudus Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (690kB) |
|
Text
03. Daftar isi.pdf Download (440kB) |
|
Text
04. Bab I.pdf Download (833kB) |
|
Text
05. Bab II.pdf Download (877kB) |
|
Text
06. Bab III.pdf Download (736kB) |
|
Text
07. Bab IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. Bab V.pdf Download (493kB) |
|
Text
09. Daftar Pustaka.pdf Download (619kB) |
Abstract
Pondok pesantren pada dasarnya memiliki peraturan dan tata tertib yang dimaksudkan agar para santri dapat berperilaku disiplin. Permasalahan yang terjadi di pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ masih terdapat santri yang melanggar peraturan dengan berbagai pelanggaran yang dilakukan, seperti merokok, tidak sholat berjama’ah, keluar pesantren tanpa ijin, tidak ikut ngaji, dan membawa barang elektronik. Maka, untuk mendidik dan memberi efek jera pada santri yang melanggar, pesantren memberlakukan kebijakan hukuman. Rumusan dalam penelitian ini, adalah 1) Bagaimana kondisi kedisiplinan santri putra di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tahun 2020/2021?., 2) Bagaimana penerapan hukuman dalam membentuk disiplin santri putra di Pondok Pesantren Tahfidz Al�Ghurobaa’ Tahun 2020/2021?., 3) Bagaimana dampak penerapan hukuman terhadap kedisiplinan santri putra di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data penelitian ini menggunakan model Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi kedisiplinan santri putra pesantren Al-Ghurobaa’ tergolong sedang. Adapun penerapan hukumannya sesuai peraturan yang sudah disepakati bersama dan mengandung unsur pendidikan. Selain itu, adanya sistem poin dengan tujuan sebagai kontrol bagi santri. Tahapan penerapan hukuman meliputi 1) melaksanakan sosialisasi peraturan pesantren, b) mencatat santri yang melanggar, c) tahap penyidangan, d) pencatatan pelanggaran di buku takziran, e) pelaksanaan hukuman, f) pemanggilan orang tua. Sedangkan dampak dari pelaksanaan hukuman bagi disiplin santri yaitu timbulnya kesadaran diri untuk bersikap disiplin, sikap tanggungjawab melaksanakan pemberian hukuman. Di samping faktor hukuman, sosok teladan pengasuh juga mempengaruhi perubahan santri untuk lebih berdisiplin dalam hal sholat berjama’ah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hukuman, Disiplin, Santri |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 May 2022 07:11 |
Last Modified: | 25 May 2022 07:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7078 |
Actions (login required)
View Item |