Apriliana, Ririn Ridhoah (2022) Pola Asuh Agama Islam Keluarga Etnis Arab di Desa Glantengan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (440kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (552kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (845kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (293kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (581kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (356kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pendidikan agama Islam keluarga etnis Arab di Desa Glantengan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Penelitiannya adalah 1) Bagaimana pola asuh pendidikan agama Islam pada keluarga etnis Arab di Desa Glantengan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pola asuh pendidikan agama Islam pada keluarga etnis Arab di Desa Glantengan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan pengamatan langsung dan melihat secara nyata bagaimana pola pendidikan agama Islam keluarga etnis Arab di Desa Glantengan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Adapun pengambilan sampling informan menggunakan non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan enam orang yang terdiri kepala desa, tiga orang tua etnis Arab, dan dua anak etnis Arab. Analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pendidikan agama Islam keluarga etnis Arab di Desa Glantengan Kecamatan Kota kabupaten Kudus. Hasil penelitian ini adalah: Adapun dalam penelitian ini ada enam informan yaitu, Ibu Anna Mariyati, Habib Ali Usman Baagil, Syarifah Khodijah Amaliyah Al Habsyi, Syarifah Nunung Al Bar, Nisa Ba’abud, dan Syihab Ba’abud. 1) Pola pendidikan agama Islam keluarga etnis Arab di Desa Glantengan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus menerapkan tentang sholat, membaca ayat suci Al-Quran, dzikir ratib Al-Haddad, dzikir ratib Al-‘Athos, wirid wirdul latif, membaca riwayat Nabi Muhammad seperti burdah dan membaca maulid baik dari Kitab Simtuddurror, Diba’ maupun Al-Barjanzi, sedekah, dan pendidikan akhlak. 2) Faktor pendukung pola pendidikan agama Islam keluarga etnis Arab di Desa Glantengan Kota Kudus adalah adanya dukungan orang tua, adanya komunikasi, adanya sikap saling memaafkan, disiplin waktu, semangat pada diri anak, dan lingkungan atau pergaulan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu rasa malas anak, kurang komunikasi orang tua dengan anak, menuntut anak, dan kesibukan orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Pendidikan Agama Islam, Keluarga Etnis Arab |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 May 2022 02:56 |
Last Modified: | 30 May 2022 02:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7117 |
Actions (login required)
View Item |