Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus Di Smp Islam Plus Al-Banjari Blora)

Fahmi, Nuril (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus Di Smp Islam Plus Al-Banjari Blora). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (617kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (387kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (651kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)

Abstract

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang terlahir dari kebudayaan dan sejarah masyarakat Indonesia yang telah ada jauh sebelum bangsa Indonesia merdeka. Para pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai luhur dan kemudian merumuskan menjadi sebuah pedoman atau ideologi yakni Pancasila. Nilai- nilai pancasila menjadi sumber segala aturan baik aturan yang bersifat fomal maupun informal. Rumusan masalah peneletian ini yaitu: (1) Bagaimana Implementasi Nilai-nilai Pancasila di Sekolahan Berbasis Pesantren? (2) Nilai-nilai Pancasila apa saja yang di Tanamkan di sekolah berbasis pesantren? (3) Bagaimana hasil dari Implementasi Nilai-nilai Pancasila di Sekolahan Berbasis Pesantren? Penelitian Ini merupakan studi pendekatan deskriptif kualitatif. Jadi karena penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus maka peneliti berusaha meneliti lebih mendalam tentang sumber data dan berbagai teknik pengumpulan data. Dua sumber data yang memberikan data yang berbeda, maka data tersebut belum pasti. Pengumpulan data dengan observasi langsung ke SMP Islam Plus Al-Banjari Blora dan mewawancarai pihak sekolah terkait dengan nilai-nilai Pancasila disekolah berbasis Pesantren. Penelitian ini fokus pada Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus di SMP Islam Plus Al-Banjari). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi nilai-nilai Pancasila di SMP Islam Plus (IP) Al-Banjari berjalann dengan baik. Proses implementasi dilakukan dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang sesuai dengan nilai yang terkandung pada setiap sila Pancasila. Selain itu adalah terbentuknya siswa yang tertib dalam menjalankan ibadah, Tidak membeda-bedakan dalam memilih teman, Menghormati setiap teman yang berbeda ras dan budayanya, Berani mengemukakan pendapat di depan umum, dan Mampu menjauhkan segala bentuk tindakan kekerasan dan pemaksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai Pancasila, Sekolah Berbasis Pesantren
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 May 2022 02:20
Last Modified: 31 May 2022 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7150

Actions (login required)

View Item View Item