Afriyani, Nova Okta (2022) Penerapan Perilaku Sosial Melalui Penanaman Pendidikan Karakter di Panti Asuhan Yatim Melati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (367kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (307kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (368kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (527kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengidentifikasikan penerapan perilaku sosial melalui penanaman pendidikan karakter di Panti Asuhan Yatim Melati Kudus, (2) Untuk mendiskripsikan peran pengasuh menerapkan perilaku sosial melalui penanaman pendidikan karakter di Panti Asuhan Yatim Melati Kudus, (3) Untuk menganalisis hasil dari penerapan perilaku sosial melalui penanaman pendidikan karakter anak di Panti Asuhan Yatim Melati Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu wakil pengurus Panti Asuhan, Pengasuh Panti Asuhan, dua Staff kantor, dan enam anak Panti asuhan. Tahap pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu (1) perilaku sosial anak yang ada di Panti Asuhan Yatim Melati Kudus terdapat dua kategori yaitu perilaku sosial yang baik dan perilaku sosial yang kurang baik, hal itu dikarenakan latar belakang anak yang berbeda-beda, perilaku sosial anak bisa kita lihat dari keseharian mereka di Panti Asuhan. (2) Peran pengasuh dalam menerapkan perilaku sosial melalui penanaman pendidikan karakter di Panti Asuhan terdapat dua cara yaitu langkah-langkah dalam membentuknya serta pelaksanaan dalam membentuknya yaitu dengan adanya jadwal kegiatan rutin sehari-hari mulai dari bangun tidur sampe tidur kembali, juga adanya peraturan di Panti Asuhan untuk melatih kedisiplinan anak asuh. (3) Hasil dari penerapan perilaku sosial melalui penanaman pendidikan karakter di Panti Asuhan Yatim Melati Kudus terbilang cukup baik, karena terlihat dari perubahan perilaku anak kearah yang positif dan itupun dengan cara yang bertahap dengan penuh rasa kasih sayang dan kesabaran juga dilihat dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku sosial, pendidikan karakter |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 06:02 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 06:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7174 |
Actions (login required)
View Item |