Analisis Strategi Bauran Pemasaran Syariah Pada Usaha Sarung Batik Al Hazmi Kudus

Noor, Muhammad Syafiq (2022) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Syariah Pada Usaha Sarung Batik Al Hazmi Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (802kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf

Download (584kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (546kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peminat dari sarung batik yang mengakibatkan terjadinya peningkatan persaingan bisnis antar industri batik. Dengan adanya permasalahan tersebut, pemilik industri sarung Batik Al-Hazmi berupaya untuk menerapkan strategi bauran pemasaran syariah sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran syariah yang dilakukan Al-Hazmi. Kedua, untuk mengetahui faktor utama dari strategi bauaran pemasaran syariah yang paling dominan di Al-Hazmi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan, dan konsumen Sarung Batik Al-Hazmi. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Kemudian dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Pelaksanaan bauran pemasaran syariah di Al-Hazmi meliputi penerapan product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence sudah sesuai dengan syariah dan cukup baik pelaksanannya, namun ada beberapa variabel yang masih belum optimal pelaksanaannya seperti lokasi yang kurang strategis dan sarana fisik yang belum terpenuhi secara optimal. 2) Strategi produk menjadi strategi yang paling dominan di Al-Hazmi dalam melakukan pemasaran. Dengan memberikan produk yang berkualitas, motif serta pewarnaan tidak pasaran menjadikan ketertarikan tersendiri bagi Al-Hazmi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Strategi Bauran Pemasaran Syariah
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:55
Last Modified: 07 Oct 2022 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7453

Actions (login required)

View Item View Item