Peran Orang Tua terhadap Anak dalam Pendampingan Menghafal Surat-surat Pendek (Juz 30) pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun RA Miftahul Huda Warugunung Bulu Rembang Tahun Ajaran 2021-2022

Maulita, Afika Intan (2022) Peran Orang Tua terhadap Anak dalam Pendampingan Menghafal Surat-surat Pendek (Juz 30) pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun RA Miftahul Huda Warugunung Bulu Rembang Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (846kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (561kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (421kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang: (1) proses menghafal surat-surat pendek (juz 30) pada anak kelompok B usia 5-6 tahun RA Miftahul Huda Warugunung Bulu Rembang. (2) peran orang tua terhadap anak dalam pendampingan menghafal surat-surat pendek (juz 30) pada kelompok B usia 5-6 tahun RA Miftahul Huda Warugunung Bulu Rembang. (3) strategi orang tua dalam mendidik anak menghafal surat-surat pendek (juz 30). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif sesuai dengan objek kajian, atau bisa disebut dengan penelitian lapangan. Di sini peneliti mengambil lokasi penelitian di RA Miftahul Huda Desa Warugunung Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyediaan data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses menghafal surat-surat pendek pada anak menggunakan 4 metode yaitu metode tasmi’, sima’i, wahdah, dan muroja’ah, dimana dalam pelaksanaannya hanya menggunakan 1-2 metode di setiap pertemuan. (2) peran orang tua dalam mendampingi anak menghafal surat-surat pendek adalah selalu berusaha mengawasi anaknya, dan meluangkan waktunya setiap pagi sebelum berangkat sekolah maupun malam hari sebelum tidur. (3) strategi yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak menghafal surat-surat pendek menggunakan beberapa strategi seperti: 1 surat dihafalkan dalam waktu 2-3 hari menggunakan media youtube maupun orang tua yang akan mencontohkan terlebih dahulu lalu diikuti oleh anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendampingan,Menghafal Surat-surat Pendek
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:38
Last Modified: 11 Oct 2022 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7487

Actions (login required)

View Item View Item