Safii, Muhammad (2022) Pengembangan Kecerdasan Linguistik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadhoroh (Studi Kasus Pondok Pesantren Salaf Sunan Kalijaga Desa Jogoloyo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (441kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (271kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (552kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
Abstract
Kecerdasan linguistik-verbal merupakan kecerdasan tengang mengolah kata-kata dan bahasa sehingga mudah untuk difahami. Di pondok pesantren sunan kalijaga Demak mengadakan kegiatan ekstrakurikurer muhadhoroh yang rutin dilakukan sekali pada setiap minggunya, kegiatan ini melatih santrinya untuk dapat bisa berbicara didepan umum, dengan dasar itulah maka peneliti ingin meneliti tentang teknik muhadhoroh dalam membentuk kecerdasan linguistik santri melalui ekstrakurikurer di ponpes Sunan Kalijaga Demak. Berhubungan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang teknik muhadhoroh dalam membentuk kecerdasan linguistik santri di ponpes sunan kalijaga demak dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) bagaimana teknik muhadhoroh dalam membentuk kecerdasan linguistik santri melalui kegiatan ekstrakurikurer? 2) apa manfaat dan kendala tentang teknik muhadhoroh dalam membentuk kecerdasan santri pada kegiatan ekstrakurikurer? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Subyek penelitian adalah kepala pondok pesantren, ustad yang mengawasi kegiatan muhadhoroh, dan santri yang ikut dalam kegiatan muhadhoroh. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, sedangkan penyajian data menggunakan reduksi data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kegiatan muhadhoroh wajib diikuti oleh santri yang mana santri yang mendapat tugas pidato harus mampu berbicara dengan lantang, fasih, bersosialisasi dengan pendengar, berekspresi, sedangkan yang hadir sebagi pendengar mampu menjelaskan dengan singkat dari apa yang disampaikan dari yang berpidato, dan untuk ustadz mengkoordinir kegiatan, serta ikut acara dalam muhadhoroh. Sedangkan manfaatnya adalah: memberikan rasa senang, memperdalam dan memperluas bakat yang dimiliki santri, bisa mengolah kata-kata, menanamkan sifat percaya diri dan tanggung jawab. Dan kendalanya adalah merasa takut, kurang tepat waktu dalam mengikuti kegiatan, kurang memperhatikan, monotoon, menghafal teks dan kurangnya waktu dalam latihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Linguistik Dan Muhadhoroh |
Subjects: | Bahasa > Linguistik Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 02:36 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 02:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7567 |
Actions (login required)
View Item |