Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Asy’ariyyah Tajungsari Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2020/2021

Ridwan, Muhammad (2022) Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Asy’ariyyah Tajungsari Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (619kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (531kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahu implementasi, hambatan serta faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Asy’ariyyah Tlogowungu Pati. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Asy’ariyyah Tlogowungu Pati. Data tersebut diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi nilai-nilai keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Asy’ariyyah yaitu menetukan materi yang akan disampaikan dengan target akhirnya. Mengajarkan tentang aqidah Islam dan menanamkan sifat taat, ikhlas, khauf, dan tobat. Guru juga harus terbiasa untuk berperilaku yang sopan dan santun dengan harapan agar peserta didik mencontoh perilaku kebiasaan gurunya. (2) Hambatannya yaitu terbatasnya waktu untuk menerapkan berbagai macam metode dan strategi. Selain itu juga kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran dan kemampuan intelegensi siswa yang berbeda-beda, kurangnya dorongan dari orang tua. (3) Faktor pendukungnya yaitu materi yang diberikan guru terhadap siswa sudah sesuai dengan kurikulum dari pemerintah dengan menggunakan kurikulum 13. Menggunakan alat bantu berupa proyektor yang menjadikan siswa lebih antusias dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Mengikutsertakan seluruh warga madrasah dalam diskusi mengenai program-program pembinaan yang akan dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Keagamaan, Karakter, Aqidah Akhlak.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:19
Last Modified: 19 Oct 2022 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7598

Actions (login required)

View Item View Item