Fauzi, Putri Sisnadia (2022) Penerapan Metode Examples Non Examples Dengan Media Wayang Kartun Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa Di SD Negeri 3 Wates. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (699kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (425kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (945kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (921kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (522kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (691kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Pendidikan agama Islam di SD Negeri 3 Wates khususnya siswa kelas V dimana siswa kurang adanya motivasi susngguh-sunggu dalam belajar , di karenakan guru masih menggunakan metode konvensional (ceramah). Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui motivasi siswa kelompok kontrol dengan metode konvensional (ceramah) di SD Negeri 3 Wates (2) Untuk mengetahui motivasi siswa kelompok eksperimen model pembelajaran examples non examples dengan media wayang kartun di SD Negeri 3 Wates (3) Untuk mengetahui perbedan motivasi siswa antara kelompok kontrol metode konvensional (ceramah) dengan kelompok eksperimen model examples non examples dengan media wayang kartun di SD Negeri 3 Wates. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang mengambil data secara mendalam tentang keadaan yang terjadi di tempat penelitian. Pendekatan yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelompok kontrol dengan menggunakan metode konvensional (ceramah) kurang dapat meningkatkan motivasi siswa, peningkatan yang terjadi tidak signifikan dan masih dalam kategori nilai rata-rata kurang. (2) Terjadi peningkatan motivasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples dengan media wayang kartun dalam kategori berhasil dengan baik. (3) Tidak ada perbedaan (ada kesamaan) pada kemampuan awal. Adapun setelah diberikan perlakuan, dapat diketahui bahawa taraf siginifakansi sebesar 0,001 (sig 2-tailed) < 0,05. Hasilini memberi kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan pada kemampuan akhir (post test).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Examples Non Examples, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 03:16 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7716 |
Actions (login required)
View Item |