Faizah, Elly Nur (2016) PENERAPAN MODEL TADABBUR ALAM PADA PEMBELAJARAN MATERI IMTAK DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL ANAK DI TKIT MUTIARA INSAN CEPU BLORA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat secara nyata Penerapan Model Tadabbur Alam Pada Pembelajaran Materi Imtak Dalam Meningkatkan Spiritual Anak. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Bagaimana penerapan model tadabbur alam pada pembelajaran materi imtak dalam meningkatkan spiritual anak di TKIT Mutiara Insan Cepu 2) Bagaimana saja upaya dalam meningkatkan spiritual anak di TKIT Mutiara Insan Cepu Blora, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan tadabbur alam pada pembelajaran materi imtak dalam meningkatkan spiritual anak di TKIT Mutiara Insan Cepu Blora. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya adalah di TKIT Mutiara Insan Cepu Blora. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama penerapan model tadabbur alam pada materi imtak dalam meningkatkan spiritual anak di TKIT Mutiara Insan Cepu beberapa upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan model tadabbur alam diantaranya persiapan kegiatan tadabbur alam, perencanaan kegiatan tadabbur alam, pelaksanaan kegiatan tadabbur alam, dan kegiatan akhir tadabbur alam, Kedua upaya dalam meningkatkan spiritual anak di TKIT Mutiara Insan Cepu Blora bisa dilakukan dengan cara, guru memberi keteladanan agar anak selalu semangat untuk belajar yaitu berupa: Memberi teladan dengan mengucapkan salam ketika datang dan pulang dilanjutkan dengan berjabat tangan, memberikan teladan dengan berdo’a sebelum dan sesuda belajar. Ketiga faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan tadabbur alam pada pembelajaran materi imtak dalam meningkatkan spiritual anak di TKIT, faktor pendukung dalam kegiatan model tadabbur adalah sebagai berikut: Pendidik yang profesional, pemimpin sekolah, materi, orang tua siswa, sarana dan prasarana, iklim sosial. Saat timbul hambatan dalam belajar, hambatan bisa diatasi mulai dari guru, anak didik, keluarga, sekolah, maupun lingkungan masyarakat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Model Tadabbur Alam; pengetahuan spiritual anak |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Mar 2017 03:50 |
Last Modified: | 04 Mar 2017 03:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/773 |
Actions (login required)
View Item |