SAEFUDIN, ACHMAD (2015) ANALISIS ASPEK-ASPEK PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PROGRAM KEPESANTRENAN (STUDI KASUS DI SMP ISLAM PLUS AL-BANJARI TUNJUNGAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. kata pengantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. bab I.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemandirian peserta didik SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora Tahun Pelajaran 2015/2016. 2)Pelaksanaan kepesantrenan di SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora Tahun Pelajaran 2015/2016. 3)Aspek-aspek pembentuk kemandirian peserta didik pada kegiatan kepesantrenan di SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus (case study) yaitu suatu penelitian yang dilakukan terhadap suatu “kesatuan sistem”. Kemudian data yang telah terkumpulkan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif studi kasus (case study) untuk mengetahui Aspek-Aspek Pembentukan Kemandirian Peserta Didik Melalui Kegiatan Program Kepesantrenan di SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Aspek-Aspek Pembentukan Kemandirian Peserta Didik Melalui Kegiatan Program Kepesantrenan telah berjalan secara maksimal dan sudah sesuai dengan kaidah maupun teori didalam buku kepustakaan. Potensi dan kapasitas pribadi yang ada tidak akan menjadi sesuatu yang berguna apabila manusia hanya dapat dicapai maksimal. Pendidikan kemandirian yang diterapkan di SMP Islam Plus Al-Banjari bertujuan untuk membekali sikap siap dan mandiri kepada peserta didik. Hal ini dilakukan agar setelah peserta didik kembali ke masyarakat, peserta didik tidak tergantung kepada orang lain, bertanggungjawab pada diri sendiri dan keluarganya. Dalam kehidupan sehari-hari yang dijalankan peserta didik, pendidikan kemandirian ini bertujuan agar peserta didik dapat mengerjakan semua tugas yang menjadi tanggungjawabnya sendiri, tanpa mengandalkan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa dan semua pihak yang membutuhkan agar senantiasa meningkatkan ilmu pengetahuan dan kualitas penelitian pada masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Aspek-Aspek; Kemandirian; Kegiatan; Program; dan Kepesantrenan |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Mar 2017 05:52 |
Last Modified: | 05 Mar 2017 05:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/791 |
Actions (login required)
View Item |