Mustaqim, Bagus Sirot (2022) Strategi Frontliner Dalam Mengoptimalkan Branchless Banking Melalui Additive Models Dan Transformational Models Pada BSI KCP Jepara Pemuda II. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover dan pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (191kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (821kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (840kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (399kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (197kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (634kB) |
Abstract
Transformasi digitalisasi telah merambat diberbagai bidang salah satunya sektor perbankan. Dalam menyikapi hal ini Bank Syariah Indonesia membuat sebuah aplikasi sebagai fitur layanan berbasis online yang disebut dengan BSI Mobile. Namun sampai saat ini Bank syariah Indonesia kota Jepara belum dapat mensosialisasikan adanya smart agen yang dapat memperluas pangsa pasar yang menarget kepada masyarakat unbanked, serta kurangnya informasi kepada masyarakat yang jauh dari kantor cabang, bahwasannya pembuatan rekening bisa dilakukan dengan menggunakan mobile banking.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengoptimalan pelayanan dan pemasaran terkait branchless banking melalui additive models dan transformational models. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pihak Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda II khususnya di bagian frontliner 4 orang, bagian pemasaran 2 orang dan nasabah 2 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu pengumpulan data dari informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, dalam pelayanan mengoptimalkan branchless banking melalui additive model dan tranformasional model, pihak frontliner menerapkan prinsip pelayanan yang profesionalitas, santun, ramah, tanggap dan senantiasa memberi kecepatan, ketepatan dalam menyelesaikan masalah, pemberian fasilitas berupa tablet, penawaran menggunkan internet banking, SMS notifikasi, ATM serta mewajibkan kepemilikan akun BSI mobile untuk memaksimalkan branchles banking. Kedua, aspek yang digunakan dalam pengoptimalan branchless banking malalui pemasaran dengan menerapkan strategi segmentasi, positioning dan targeting serta menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) dengan cara strategi gardening atau penggalian kebutuhan dan upaya yang akan dilakukan BSI KCP Jepara pemuda II untuk menjalankan smart agen BSI, adalah melakukan pemberitahuan kepada nasabah melalui papan informasi yang tersedia dikantor cabang, selain itu BSI KCP Jepara Pemuda II akan mengandengan setiap masjid yang ada di Jepara untuk diberikan edukasi secara islami dan menawarkan kerjasama untuk merealisasikan adanya smart agen BSI di Jepara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, frontliner, Branchless banking, Bank Syariah |
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 03:11 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 03:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7999 |
Actions (login required)
View Item |