Wahyuni, Nunik Nur (2022) Pengembangan Ekonomi Kreatif UMKM Berbasis Digital Marketing Pada Industri Konveksi di Desa Suwaduk, Wedarijaksa, Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (890kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (208kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (217kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (302kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (612kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (274kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (557kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (212kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (263kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) Pengembangan ekonomi kreatif yang ada pada industri konveksi yang masih berbentuk UMKM, 2) Strategi-strategi digital marketing yang diterapkan pada pemasaran produk konveksi. Objek penelitian yaitu pada salah satu industri konveksi di desa Suwaduk yaitu indusri konveksi Chantika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dari hasil wawancara secara langsung kepada pemilik industri konveksi , pelaku digital marketing juga sebagai pengembang ekonomi kreatif dan para karyawan di industri konveksi Chantika desa Suwaduk, kecamatan Wedarijaksa, kabupaten Pati. Dengan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi, display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian yang didapat yaitu 1) pengembangan ekonomi kreatif dan digital marketing menerapkan prinsip ekonomi syariah yaitu prinsip keadilan dan prinsip keseimbangan, pengembangan ekonomi kreatif berfokus pada kaos dan sablon, pengembangan ekonomi kreatif dan digital marketing terhambat oleh adanya dampak Covid-19 yang menyerang ekonomi di seluruh dunia, dan dari pengembangan ekonomi kreatif berdampak langsung pada peningkatan pemberdayaan masyarakat dan potensi desa industri pada desa Suwaduk, 2) Strategi digital marketing, strategi-strategi digital marketing yang diterapkan industri konveksi Chantika yaitu promosi secara terus-menerus, terutama pada sosial media yaitu Facebook dan WhatsApp, penyertaan kata-kata yang menarik konsumen untuk memesan barang dan menyertakan gambar baju atau kaos asli yang dapat meyakinkan konsumen dalam menarik konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekonomi Kreatif, Digital Marketing dan Industri Konveksi di desa Suwaduk |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 04:03 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 04:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8038 |
Actions (login required)
View Item |