Tsuroyya, Nurits (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Kajian Rutin Zikir Ra>tib al-H>}adda>d di Majelis Taklim an-Nur Desa Undaan Kidul Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (803kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (466kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (695kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (266kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (568kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (160kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
Abstract
Dewasa ini telah terjadi berbagai krisis, tidak hanya ekonomi namun juga mental yang menjadikan bobroknya akhlak generasi muda. Mulai dari hilangnya budaya sopan santun, judi, miras, dan pergaulan bebas masa ini sudah menjadi hal wajar untuk terjadi. Melihat masalah tersebut perlu adanya gerakan positif pemberdayaan masyarakat yang dapat menekan perilaku-perilaku yang tidak terpuji tersebut. Lembaga pendidikan Islam yang dekat dan mampu memberdayakan masyarakat, salah satunya adalah majelis taklim. Majelis Taklim an-Nur melalui kajian rutin zikir Ra>tib al-H>}adda>d berupaya menjadi pengontrol perilaku masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kajian rutin zikir Ra>tib al-H>}adda>d di Majelis Taklim an-Nur Desa Undaan Kidul Undaan Kudus. Penulis membahas masalah ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data dari observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh dari lapangan secara langsung yakni di Majelis Taklim an-Nur Undaan Kidul dan wawancara dengan pengasuh dan jamaah. Berbagai literatur yang memiliki relevansi dengan penelitian ini menjadi sumber sekundernya. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji credibility dan uji transferability. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data (memilah data), penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kajian zikir Ra>tib al-H}adda>d terdiri tiga tahap yakni tahap persiapan, tahap pembacaan zikir, dan tahap akhir. Dalam kajian zikir tersebut terkandung empat nilai pendidikan Islam pada kajian rutin zikir Ra>tib al-H}adda>d di Majelis Taklim an-Nur. Pertama, nilai tauhid, yakni pasrah kepada Allah, taat, dan menjauhi perbuatan syirik. Kedua, nilai ibadah, Zikir adalah salah satu prakktik ibadah dan bagian dari perintah. Ketiga, nilai akhlak, di dalamnya terdapat akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan. Keempat, nilai sosial kemasyarakatan ditunjukkan dengan gotong royong dan sikap dermawan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Ra>tib al-H}adda>d, Majelis Taklim |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:38 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 03:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8095 |
Actions (login required)
View Item |