Zuliyanti, Siska (2022) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di MTs. Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (979kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (438kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (488kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (578kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (577kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (367kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
Abstract
Seorang pendidik mempunyai peran penting dilingkungan sekolah, masa remaja merupakan masa transisi dari anak menuju dewasa yang tergolong sebagai siswa, memiliki potensi besar untuk melakukan hal menyimpang dalam kondisi normal. Perilaku menyimpang dianggap sebagai sumber masalah karena apat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Dalam lingkup pendidikan, sekolah merupakan tempat berlangsungnya belajar mengajar. Pendidkan harus dapat memecahkan problematika agar menuju perubahan yang lebih baik. Dalam proses belajar mengajar sering kali belum mampu menjadikan apa yang diharapkan. Peran guru Bimbingan Konseling bukan hanya sebatas membantu siswa dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi, tetapi juga mengatasi kenakalan siswa , karena siswa adalah individu yang berkembang menuju dewasa. Kenakalan siswa yang dilakukan disekolah seperti membolos, maka peran guru Bimbingan Konseling sangat dibutuhkan dalam menangani permasalahan yang dilakukan oleh siswa dan mengarahkan siswa pada perilaku yang positif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu duatu penelitian lapangan dengan tujuan mendeskripsikan (memaparkan) fenomena-fenomena yang ditemukan di lapangan berupa kata-kata lisan dan tertulis, kata-kata lisan yang dilakukan dengan analisis kualitatif dan kata-kata tertulis yaitu kutipankutipan data dalam bentuk narasi. Adapun pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang diperoleh, peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs. Mazro’atul Huda Karanganyar Demak terdapat peran bimbingan konseling yaitu membantu siswa dalam merubah perilaku yang lebih baik, membantu siswa dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya, membantu siswa dalam menyusun rencana untuk mencapai tujuan tertentu, dan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Adapun layanan yang diberikan kepada siswa yaitu layanan bimbingan kelompok dengan tujuan agar siswa dapat saling mengemukakan pendapat dengan membahas suatu masalah sama yang sedang dihadapi guna untuk mencapai tujuan tertentu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Bimbingan konseling, Kenakalan Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:39 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 07:39 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8180 |
Actions (login required)
View Item |