Implementasi Pembelajaran Fikih Kitab Safinatun Najah dalam Meningkatkan Perilaku keberagamaan Santri Baru di pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa Tumpang Krasak Jati Kudus

Ulya, Saadatul (2022) Implementasi Pembelajaran Fikih Kitab Safinatun Najah dalam Meningkatkan Perilaku keberagamaan Santri Baru di pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa Tumpang Krasak Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER OKE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (209kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (98kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada problem yang dialami santri baru terkait dengan perilaku keberagamaan yang berbeda-beda khususnya perihal wudhu dan sholat. Hal ini bisa dilatarbelakangi oleh ilmu atau pemahaman fiqih yang sudah didapat sebelum belajar di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa. Selain itu, santri baru juga membutuhkan solusi ataupun jawaban atas masalah yang mereka hadapi di pondok. Problem tersebut menunjukan bahwa santri baru membutuhkan pembelajaran fiqih. Salah satu pembelajaran fiqih yang bisa diajarkan kepada santri baru yaitu kitab Safinatun Najah karena dianggap ringkas tetapi tidak mengurangi isi ataupun kualitas dari kitab tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran fikih kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan perilaku keberagamaan santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa Tumpang Krasak Jati Kudus, maka santri diharapkan dapat menerapkan ilmunya sehingga tercipta perilaku keberagamaan yang baik dan selaras khususnya dalam bentuk praktek wudhu dan sholat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Hubarman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi data (conclusion drawing). Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fikih kitab Safinatun Najah dapat meningkatkan perilaku keberagamaan santri baru di pondok pesantren tahfidz putri Al-Ghurobaa’. Pembelajaran fikih kitab Safinatun Najah dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang terdiri dari hambatan dan solusi. Perencanaan meliputi penentuan tujuan, pemilihan ustadzah dan peserta didik, waktu dan tempat, metode dan media pembelajaran. Pelaksanaan meliputi tahap pembukaan, inti dan penutup. Evaluasi berupa lisan dan tulis yang diadakan pada pertengahan dan akhir tahun. Implikasi pembelajaran fikih bagi santri baru terbukti terdapat adanya peningkatan praktek wudhu dan sholat menjadi lebih baik dan benar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fikih, Kitab Safinatun Najah, Perilaku Keberagamaan.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:34
Last Modified: 01 Feb 2023 02:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8241

Actions (login required)

View Item View Item