Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa pada Pembelajaran Online di Kelas III MI NU Pendidikan Islam Kudus Tahun Ajaran 2020/2021

Andani, Novita Tidar (2022) Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa pada Pembelajaran Online di Kelas III MI NU Pendidikan Islam Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (557kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (388kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran online di kelas III MI NU Pendidikan Islam Kudus Tahun Ajaran 2020/2021? 2) Mendeskripsikan upaya orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran online di kelas III MI NU Pendidikan Islam Kudus Tahun Ajaran 2020/2021? 3) Mendeskripsikan kendala dan solusi orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran online di kelas III MI NU Pendidikan Islam Kudus Tahun Ajaran 2022/2021? Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampling informan menggunakan non propability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan dengan jumlah informan sebelas orang yang terdiri, wali kelas III, 5 orang orang tua siswa kelas III. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara peneliti melakukan wawancara terhadap pihak terkait yaitu wali kelas III, orang tua siswa, dan siswa kelas III, observasi dan dokumentasi. Adapun keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Analisis data peneliti menggunakan tiga cara yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran online kelas III di MI NU Pendidikan Islam Kudus yaitu orang tua berperan sebagai motivator dan pendamping yaitu memberikan semangat kepada anak untuk tetap disiplin dalam belajar serta mendampingi anaknya dalam belajar online. 2) Upaya yang dilakukan orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran online kelas III di MI NU Pendidikan Islam yaitu memberikan hadiah agar anak lebih semangat lagi dalam belajar. Selain itu, orang tua mengajarkan disiplin dengan membuat peraturan di rumah dari hasil diskusi dengan anak. Orang tua juga selalu memperhatikan perkembangan anak dan bersedia mendengarkan keluhan-keluhan anak yang berkaitan dengan permasalahan yang dialami oleh anak. 3) Kendala yang dialami orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran online kelas III di MI NU Pendidikan Islam Kudus yaitu orang tua kurang memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, kurangnya waktu untuk mendampingi anak belajar karena orang tua sibuk bekerja, anak sering merasa bosan dan seringkali anak bermain sendiri. Adapun solusi orang tua yaitu memberikan hadiah (reward) apabila anak dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan disiplin dalam belajar, mengajak anak untuk berwisata sambil belajar jadi anak tidak bosan jika harus belajar di rumah secara terus menerus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Pembelajaran Online
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:13
Last Modified: 03 Feb 2023 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8292

Actions (login required)

View Item View Item