Pembiasaan Sholat Duha sebagai Upaya Peningkatan Karakter Religius Siswa di MTs NU Mawaqiul Ulum Medini Undaan Kudus

Afrida, Nor Faelashofa (2022) Pembiasaan Sholat Duha sebagai Upaya Peningkatan Karakter Religius Siswa di MTs NU Mawaqiul Ulum Medini Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (743kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (271kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui, 1) Bagaimana Implementasi peningkatan karakter religius siswa melalui pembiasaan Sholat Duha. 2) Apakah Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan karakter religius siswa melalui pembiasaan Sholat Duha di MTs NU Mawaqiul Ulum Medini Undaan Kudus. Metode penelitian ini merupakan Field Research (Penelitian lapangan) yang menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan serangkaian kegiatan riil dan kontekstual melalui kegiatan pembiasaan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi (pengamatan), interview (wawancara), dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu teknik penelitian berupa data-data yang tertulis atau secara lisan dari orang dan perilaku yang diamati, dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan, menguraikan dan menginterpretasikan arti data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Implementasi Peningkatan karakter religius siswa melalui pembiasaan Sholat Duha dapat terlihat dari beberapa aspek; Pertama, Karakter ihsan siswa terhadap Allah Swt. Melalui pembiasaan Sholat Duha tersebut dapat menyadarkan siswa-siswi akan tanggung jawabnya menjadi seorang muslim sejati yakni taat dan patuh terhadap seluruh perintah atau ajaran Allah Swt dan menjauhi seluruh larangan-Nya. Kedua, Karakter ihsan siswa dengan sesama makhluk. Dapat terlihat dari akhlak atau tata krama yang dimiliki siswa tersebut, Ketiga, Karakter Insaniyah siswa di madrasah. Kegiatan pembiasaan Sholat Duha ini dapat meningkatkan karakter insaniyah atau hubungan dengan sesama manusia menjadi lebih baik. 2) Faktor pendukung dalam peningkatan karakter religius siswa melalui pembiasaan Sholat Duha di MTs NU Mawaqiul Ulum Medini Undaan Kudus ialah terkait dengan waktu pelaksanaan pembiasaan Sholat Duha yang tepat yakni pada pagi hari dengan keadaan masih fresh dan dilakukan secara serentak. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan pembiasaan Sholat Duha sebagai upaya peningkatan karakter religius siswa ialah meliputi faktor eksternal dan faktor internal, faktor eksternal yaitu faktor dari luar atau alam seperti hal nya hujan ketika pagi hari yang dapat menyebabkan siswa-siswi terkendala berangkat ke madrasah, pengaruh teman se pergaulan, karena teman se pergaulan ini dapat menjadi penentu sikap dari teman-temannya yang lain. Faktor internal yaitu faktor yang muncul dari dalam diri individu siswa, seperti hal nya merasa bosan, capek dengan adanya kegiatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Sholat Duha, Karakter Religius
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Shalat > Shalat Sunah
Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:59
Last Modified: 07 Feb 2023 01:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8335

Actions (login required)

View Item View Item