Korelasi Kesadaran Metakognitif Siswa dengan Prokrastinasi Akademik pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Nalumsari

Sari, Qotrunnada Nurmalita (2022) Korelasi Kesadaran Metakognitif Siswa dengan Prokrastinasi Akademik pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Nalumsari. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (433kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (884kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (613kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (783kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran metakognitif siswa, tingkat prokrastinasi akademik siswa dan bertujuan mengetahui korelasi antara kesadaran metakognitif siswa dengan prokrastinasi akademik pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Nalumsari. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis penelitian korelasional dengan menggunakan angket kuesioner. Perolehan data diambil menggunakan instrumen penelitian yaitu Metacognitive Awareness Inventory (MAI) diadaptasi dari Schraw & Dennison dan Procrastination Academic Scale Student (PASS) Solomon & Rothblum. Analisis data penelitian menggunakan teknik uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian mengungkap beberapa hal, yang pertama adalah tingkat kesadaran metakognitif siswa pada pembelajaran Biologi berkategori kurang dengan proporsi 1%, cukup 4%, sedang 62% dan tinggi 33%. Kedua, tingkat prokrastinasi akademik siswa ditemukan 11% berkategori cukup, 70% sedang dan 19% tinggi. Ketiga, korelasi antara kesadaran metakognitif siswa dengan prokrastinasi akademik siswa memperoleh nilai rhitung (Pearson Correlation) -0.211 > rtabel 0.19 (taraf sig. 5%) dan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) 0.029 < 0.05. Disimpulkan bahwa kedua variabel berkorelasi signifikan dengan arah negatif. Jadi, apabila besaran kesadaran metakognitif siswa meningkat maka akan diikuti dengan penurunan perilaku prokrastinasi akademik, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Metakognitif, Prokrastinasi Akademik, Korelasi, Biologi, Siswa SMA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:10
Last Modified: 20 Feb 2023 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8584

Actions (login required)

View Item View Item