IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI KESESUAIAN (CONGRUENCE MODEL) (STUDI ANALISIS TENTANG PEMAHAMAN DAN PERILAKU SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MTS MANBAUL ULUM GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Mahgfiroh, Anis (2017) IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI KESESUAIAN (CONGRUENCE MODEL) (STUDI ANALISIS TENTANG PEMAHAMAN DAN PERILAKU SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MTS MANBAUL ULUM GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (965kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (988kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (858kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model evaluasi kesesuaian (congruence model) pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Manbaul Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017, untuk mengetahui pemahaman dan perilaku siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Manbaul Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017, untuk mengetahui implementasi model evaluasi kesesuaian terhadap pemahaman dan perilaku siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Manbau Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), dan mengunakan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi partisipasi pasif (passive participant), wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan model perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi diskusi teman sejawat dan member check. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduksi, data display dan kesimpulan. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran aqidah akhlak dan siswa MTs Manbaul Ulum yang memperoleh pembelajaran Aqidah Akhlaq sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui proses belajar mengajar di kelas. Hasil yang telah diperoleh setelah mengadakan penelitian adalah dalam penerapan model evaluasi kesesuaian di MTs Manbaul Ulum sudah sesuai dengan apa yang ada di dalam teori mengenai perumusan tujuan, menentukan situasi sikap peserta didik, menyusun alat evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi. Pemahaman dan perilaku siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mts Manbaul Ulum Gebog ini sudah cukup bagus hal ini dibuktikan dengan adanya siswa yang mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya. Disisi lain nilai pelajaran yang dicapai oleh siswa tersebut pun bagus sesuai dengan criteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Meskipun ada juga siswa yang kurang faham hal ini dibuktikan dengan nilai yang dibawah kkm maupun ada siswa yang cukup bandel dalam kesehariannya. Implementasi model evaluasi kesesuaian ini dapat dijadikan pedoman bagi para guru guna mengetahui ketercapaian tujuan yang dijadikan acuan untuk memperbaiki kedepannya. Dalam mengaplikasikan langkah-langkah model evaluasi ini tujuan sangat berperan dalam hal ini. Tujuan yang simple tapi dapat mewakili keseluruhan dari apa yang diinginkan. Kemudian instrument merupakan point yang sangat menentukan. Instrument yang baik harus mempunyai criteria yaitu valid, reliable, praktibel dan ekonomis. Hambatan dan pendukung pelaksanaan model evaluasi kesesuaian ini sangat beragam adapun hambatan ini selalu kembali pada lingkungan asal masing-masing siswa, latar belakang siswa yang berbeda-beda, tingkat kepahaman siswa yang berbeda, serta dorongan siswa yang berbeda pula

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Model Evaluasi Kesesuaian (Congruence Model)
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 06:14
Last Modified: 18 Mar 2017 06:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item