Syarofah, Adif Fatus (2022) Studi komparatif penerapan praktikum virtual dan praktikum riil pada praktik urinalisis terhadap keterampilan proses sains siswa MA Matholi’ul Huda Pucakwangi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (992kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (305kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (400kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (581kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (559kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (587kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (297kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda yang menerapkan praktikum riil pada praktik urinalisis, untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda yang menerapkan praktikum virtual pada praktik urinalisis, dan untuk mengetahui perbandingan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda yang menerapkan praktikum riil dan praktikum virtual pada praktik urisnalisis. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian berupa the matching only pretest-posttes control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas XI IPA 1 (kelas kontrol) dan 20 siswa kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data melalui tes isian singkat (pre-test dan post-test), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu keterampilan proses sains siswa yang menerapkan praktikum riil pada praktik urinalisis mengalami kenaikan yang ditandai dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 46 dan rata-rata nilai post-test sebesar 79 serta nilai N-gain sebesar 61%. Keterampilan proses sains siswa yang menerapkan praktikum virtual pada praktik urinalisis juga mengalami kenaikan yang ditandai dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 44 dan rata-rata nilai post-test sebesar 77 serta nilai N-gain 59%. Penerapan praktikum riil dan praktikum virtual terhadap keterampilan proses sains siswa pada praktik urinalisis tidak terdapat perbedaan yang ditandai dengan nilai signifikansi 0,82>0,05. Hal tersebut dikarenakan siswa yang menerapkan praktikum riil dan siswa yang menerapkan praktikum virtual sama-sama untuk pertama kalinya dalam melaksanakan praktikum, sehingga keduanya memiliki tingkat penasaran, antusias dan semangat yang sama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | praktikum riil, praktikum virtual, praktik urinalisis dan keterampilan proses sains siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 07:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 07:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8767 |
Actions (login required)
View Item |