Nihayah, Nur Khofifatun (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Karakter Gemar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Mi Daruttarbiyah Watta’lim Pakis Aji Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (246kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (427kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (411kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (400kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (569kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (218kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persiapan dalam penggunaan Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Karakter Gemar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Mi Daruttarbiyah Watta’lim Pakis Aji Jepara, 2) Untuk mengetahui penerapan dalam penggunaan Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Karakter Gemar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Mi Daruttarbiyah Watta’lim Pakis Aji Jepara, 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Karakter Gemar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Mi Daruttarbiyah Watta’lim Pakis Aji Jepara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif untuk memperoleh signifikasi pengaruh penerapan metode role playing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Karakter Gemar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V, Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan teknik pengumpulan data secara observasi, dokumentasi, angket, dan tes, Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas V MI Daruttarbiyah Watta’lim pakis aji jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode role playing untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter gemar membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V MI Daruttarbiyah Watta’lim Pakis Aji Jepara. 1)Persiapan yang dilakukan guru di MI Daruttarbiyah Watta’lim Pakis Aji Jepara dimana guru menyiapkan materi dan teks skenario untuk pembelajaran Bahasa Indonesia dengan tahap awal memberi pertanyaan seperti biasa atau tes awal (Pree Tes) dan tes kedua (Post Tes). 2)Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan metode role playing termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini dapat dibuktikan dari hasil post-test siswa yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 94. 3)Berdasarkan hasil uji independent sample t-test dapat diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,852 > 0,05) maka Ho diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran role playing untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter gemar membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V MI Daruttarbiyah Watta’lim Pakis Aji Jepara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing, Motivasi Belajar, Karakter Gemar Membaca |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 03:36 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 03:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8944 |
Actions (login required)
View Item |