Swastika, Yasinta Indra (2022) Analisis Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Bina Aqidah dan Akhlak KMA 2019 untukMI Kelas V. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (548kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (605kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (469kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (335kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
Abstract
Fakta kondisi Indonesia yang memiliki beragam budaya dan banyak perbedaan, sangat mudah sekali terprovokasi sehingga terjadi pertikaian diantara masyarakatnya. Pertikaian ini dapat dipicu mulai dari idiologi liberal dan ekstrim yang masuk kedalam ajaran Islam. Ideologi liberal ini berasal dari barat yang berusaha mengubah ideologi budaya timur dengan mengacam tatanan nilai moral dengan kebebasan yang tidak terkontrol. Tindakan radikalism menjadi momok yang menyeramkan dan menjadi kekhawatiran dari semua kalangan karena dapat menghancurkan kebhinekaan dan perdamaian suatu bangsa. Munculnya sikap kriminalitas yaitu kekerasan, tidak toleran, tidak suka keberagaman maka akar dari semua sikap ini harus cepat-cepat di basmi agar benih radikalisme tidak tumbuh dengan cepat. Salah satu jalan yang dapat di tempuh untuk menangkal faham radikalisme terutama di tingkat sekolah yaitu dengan pembelajaran, dimana dalam pembelajaran tersebut materi yang disampaikan harus memuat nilai-nilai yang dapat membentuk sikap anti radikalisme ataupendidikan moderasi beragama. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode conten analysis dan menggunakan pendekatan kaulitatif. Teknik mengumpulkan data dari berbagai literatur primer dan sekunder yang berkaitan dengan pembahasan mengenai nilai moderasi beragama. Adapun tujuan analisis ini untuk mengetahui isi buku dan mengetahui nilai moderasi beragama apa saja yang terkandung dalam buku ajar Bina Aqidah Akhlak KMA 2019 untuk MI Kelas V. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa buku ajar Bina Aqidah dan Akhlak KMA 2019 untuk MI Kelas V yang diterbitkan oleh Erlangga secara keseluruhan sudah memuat Nilai Moderasi Beragama yang harus ditanamkan di dunia pendidikan dan sesuai dengan indikator moderasi bergama yaitu Tasamuh (toleransi), ‘Adalah (Keadilan), Tawazun (Keseimbangan) dan Kesetaraan atau persamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Buku Ajar,Nilai Moderasi Beragama | ||||||
Subjects: | 200 Agama > 201.5 Hubungan Antaragama 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 04:17 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 04:17 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9018 |
Actions (login required)
View Item |