ASTARINAH, AYU (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPS Materi Pluralitas Masyarakat Indonesia Kelas VIII di MTs Nurul Huda Kragan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (327kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (397kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (261kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (440kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Implementasi pndidikan karakter berabasis kearifan lokal ini bertujuan untuk menanamkan karakter yang baik pada peserta didik dan tidak melupakan kearifan lokal yang ada di daerahnya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan subjek penelitian guru IPS, siswa kelas VIII, dan kepala sekolah di MTS Nurul Huda Kragan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPS materi Pluralitas Masyarakat Indonesia di MTs Nurul Huda Kragan perangkat pembelajaran RPP sudah dibuat dan dikembangkan sesuai kurikulum 2013 dari permendikbud, tetapi guru belum mencantumkan perangkat yang memunculkan kearifan lokal guru mencantumkan nila-nilai karakter dalam RPP-nya. Kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal dengan melalui dua cara yaitu guru mengaitkan materi dengan kearifan lokal seperti dengan menyisipkan dan memberikan contoh-contoh yang sesuai dengan kearifan lokal Rembang. dan mengaitkan kearifan lokal dengan materi pembelajaran secara spontan dan tidak terstruktur. Metode yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPS materi pluralitas masyarakat Indonesia faktor pendukung meliputi Pengalaman Guru, Lingkungan dan Peraturan sekolah, Sarana dan prasarana, Komitmen bersama dalam Pihak Sekolah. Faktor Penghambat meliputi Kurangnya pelatihan guru, Kurangnya kesadaran peserta didik, Keterbatasan waktu disekolah, Minimnya perhatian orangtua terhadap anak, Lingkungan dan pergaulan peseta didik untuk mengatasi hambatan dalam implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPS materi pluralitas masyarakat Indonesia di MTs nurul Huda Kragan sebagai berikut: Mengadakan pelatihan kepada guru, Mencari bahan ajar penunjang, dan Penambahan waktu pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kearifan lokal, IPS. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 06:18 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 06:18 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9024 |
Actions (login required)
View Item |