Maulana, M Faiz (2022) Implementasi Metode Pengulangan Dalam Membantu Meningkatkan Daya Ingat Hafalan Santri Remajadi Pondok Pesantren Tabiyatul Athfal Welahan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER OKE.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) |
|
Text
04 BAB 1.pdf Download (247kB) |
|
Text
05 BAB 2.pdf Download (515kB) |
|
Text
06 BAB 3.pdf Download (161kB) |
|
Text
07 BAB 4.pdf Download (683kB) |
|
Text
08 BAB 5.pdf Download (79kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
Abstract
Metode pengulangan berarti mengulang-ulang hafalan, dengan maksud agar hafalan menjadi kuat. Setiap orang yang menghafalkan al-Qur’an mempunyai kewajiban untuk selalu menjaga hafalannya dengan cara muroja’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1)implementasi metode pengulangan dalam membantu meningkatkan daya ingat hafalan santri remaja di Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal Welahan Jepara. 2) kendala implementasi metode pengulangan dalam membantu meningkatkan daya ingat hafalan santri remaja di Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal Welahan Jepara. 3) cara mengatasi masalah kendala implementasi metode pengulangan dalam membantu meningkatkan daya ingat hafalan santri remaja di Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal Welahan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research).Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian dengan purposive sampling sehingga didapatkan informan Pengasuh, Ustadzdan Ustadzah, Santri, Alumni. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan uji keabsahan data. Setelah itu dilakukan uji analisis data yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini adalah implementasi metode pengulangan dalam membantu meningkatkan daya ingat hafalan santri remaja di Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal Welahan Jepara dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan tersebut dimulai dari jam 09:00-10:00 WIB pengulangan hafalan Qur`an dihadapan pengasuh, jam 12:30-13:30 WIB dan jam 18:10-19:00 WIB pengulangan hafalan Qur`an bersama para ustadzah, dan terakhir pengulangan bersama-sama yang dipimpin oleh ustadz/ustadzah dimulai jam 20:30-22:00 WIB dan dilanjut pada jam 10:00-12:00 WIB. 2) Kendala implementasi metode pengulangan dalam membantu meningkatkan daya ingat hafalan santri remaja di Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal Welahan Jepara adalah ayat-ayat yang sudah dihafal hilang dan Malas. 3). Cara mengatasi masalah kendala yang pertama adalah dilakukan dengan mengulang, yakni santri harus sering mengulang hafalan yang sudah dihafalkan secara istiqamah atau terus menerus. Kendala yang kedua yaitu menumbuhkan motivasi dalam diri layaknya ia telah berdialog langsung dengan Allah, mencari Ridho-Nya. Motivasi dan dukungan kedua orangtua, keluaga dan sahabat juga berpengaruh dalam menumbuhkan semangat dalam menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pengulangan, Daya Ingat Hafalan, Santri | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 06:21 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 06:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9025 |
Actions (login required)
View Item |