Hariyanti, Averiana Wulan Nur (2022) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Siswa di MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (499kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (629kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (298kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (659kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (185kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan kecerdasan emosional Siswa di MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yakni metode mempelajari fenomena dalam lingkungannya yang alamiah. Pengumpulan data dengan menggunakan metode Observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini fokus pada Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Siswa di MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Siswa di MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti, yakni : Pertama, Guru mampu memahami karakter siswa, Guru mengenali jenis emosi siswa, Memberikan bimbingan kepada siswanya, memberikan motivasi dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa, pengembangan kecerdasan emosional dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa meliputi aspek mengenali emosi dirinya, mengenali emosi orang lain, membangun hubungan dengan orang lain dan memotivasi diri. Kedua, kendala yang di hadapi guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional terdiri dari siswanya yang kurang percaya diri, tuntutan nilai, karakter siswa yang berbeda-beda dan terbatasnya waktu pertemuan. Solusi dalam hal tersebut yaitu membangun rasa percaya diri siswa sehingga mampu menghasilkan nilai yang bagus, karakter siswa menjadi terbentuk walaupun dengan jangka waktu yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Akidah Akhlak dan Kecerdasan Emosional | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:03 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 08:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9044 |
Actions (login required)
View Item |