Faadhilah, Syahtha Alisyah Zen Nur (2022) Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Toilet Training di PAUD Halimatus Sa’diyah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (679kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (568kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (355kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia 4-6 tahun melalui toilet training di PAUD Halimatus Sa’diyyah. 2) Pelaksanaan pembelajaran toilet training di PAUD Halimatus Sa’diyah Ngembal Rejo Bae Kudus. 3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan toilet training di PAUD Halimatus Sa’diyyah Ngembal Rejo Bae Kudus.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Peran guru dalam mengembangkan kemandirian toilet training pada anak usia 4-6 tahun sudah lebih baik dari sebelumnya, guru sudah mampu berperan dengan baik, cekatan dan sabar dalam mengembangkan kemandirian toilet training dengan menggunakan metode demonstrator. Peran guru sangat dibutuhkan terutama dalam lembaga Pendidikan Anak Usia Dini untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang baiak. Tanpa adanya peran guru maka pembelajaran akan kurang optimal. 2) Pengenalan kemandirian toilet training sejak usia dini dapat dilakukan melalui pembiasaan, dengan pembiasaan maka anak dapat melaksanakan dengan sendirinya tanpa ada yang memerintahkan. Pembelajaran toilet training perlu diterapkan sejak usia daini karena dapat meningkatkan enam aspek perkembangan yang meliputi aspek kognitif, fisik motorik, nilai agama dan moral, sosial dan emosional, seni dan bahasa. 3) Kemandirian anak usia 4-6 tahun melalui toilet training di PAUD Halimatus Sa’diyah dapat berkembang dengan baik dan sesuai harapan dengan dukungan dari guru dan orang tua yang bekerja sama dengan baik. Sarana dan prasarana yang baik juga dapat mendukung perkembangan kemandirian toilet training pada anak. Faktor penhambat pelaksanaan toilet training adalah orang tua yang menganggap remeh pentingnya melaksanakan toilet training sejak usia dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian, Toilet Training | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2023 03:30 | ||||||
Last Modified: | 10 Mar 2023 03:30 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9079 |
Actions (login required)
View Item |