Nikmah, Ilya Ainun (2022) Implementasi Kegiatan Sedekah (Senin Beramal) Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (644kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (375kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (576kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (340kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan keberhasilan kegiatan sedekah (senin beramal) dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SMK NU Al Hidayah Gebog Kudus. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan sedekah (senin beramal) ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti suatu objek, kondisi dan suatu sistem pemikiran ataupun suatu peristiwa pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap penelitian di SMK NU Al Hidayah Gebog Kudus. Teknik analisis data pada skripsi ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Ada 4 temuan dari hasil penelitian yaitu: (1) Kegiatan sedekah (senin beramal) dilakukan setiap hari senin pagi dengan OSIS sebagai pelaksana dan kegiatan ini berjalan dengan baik. (2) Aspek spiritual yang terdapat dalam kegiatan sedekah (senin beramal) dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa adalah sifat berbagi kepada orang lain, melatih keikhlasan dan menyadari tanggungjawab. (3) Keberhasilan kegiatan sedekah (senin beramal) dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa dianggap berhasil sesuai dengan hasil yang ingin dicapai sekolah yaitu melatih siswa agar terbiasa memberi dan sadar akan tanggungjawabnya. (4) Faktor pendukungnya adalah semua warga sekolah menjalankan kegiatan sedekah ini dengan tertib, dan siswa semakin hari semakin terbiasa sehingga menyadari apa yang menjadi tanggungjawabnya dan faktor penghambat kegiatan sedekah (senin beramal) dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa adalah sebagian siswa masih ada yang enggan memberi amalnya dan ketika sedekah (senin beramal) dilaksanakan siang hari setelah istirahat. Dengan adanya kegiatan sedekah (senin beramal) membuat siswa terlatih untuk ringan tangan kepada orang lain dan menyadari akan tanggungjawabnya. Selanjutnya peneliti melakukan penelitian lapangan menemukan hal hal yang sesuai antara teori dan kondisi lapangan bahwasanya melatih siswa bersedekah mampu membuat mereka terbiasa dalam kesehariannya, artinya semakin banyak amal baiknya maka semakin tinggi tingkat kecerdasan spiritualnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Sedekah, Kecerdasan Spiritual, Siswa | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 02:22 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 02:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9096 |
Actions (login required)
View Item |