Mahfudi, Muhammad (2022) Penerapan Metode Resitasi Dalam Menghafal Al-Qur’an Di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (348kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (558kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (602kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (419kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (609kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (474kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana penerapan metode resitasi dalam menghafal Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 2). Bagaimana kendala dan solusi penerapan metode resitasi dalam Menghafal Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini penelitian desriftif (descriftive researh). Pendekatan penelitian ini penelitian lapangan (Field reseach). Sumber data primer (sumber data dari subyek penelitian) dan sumber sekunder (sumber yang diperoleh tidak langsung). Instrumen penelitian, penelitian sendiri (human instrumen). Tehnik pengumpulan data (observasi, wawancara, terstruktur, dokumentasi). Uji keabsahan data data uji kredibilitas (perpanjangan pengamatan, tringulasi, member chek), Uji transbility, Uji dependability, Uji konfirmability. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, adapun langkahnya reduksi data (reduction). Penyajian data (data display). Dan penarikan kesimpulan (drawing/veriation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode resitasi dalam Menghafal Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus berjalan dengan baik. Terlihat dari keaktifan dan semangat siswa dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh ustadz dalam waktu tiga kali dama sehari. 2). Faktor-Faktor kendala atau penghambat yang dialami santri dengan metode resitasi diantaranya adalah ngantuk, malas, manajemen waktu, daya hafal yang lemah, keluarga ada yang mendapat musibah, jenuh atau bosan dan sakit. 3). Solusi untuk mengatasi kendala- kendala yang dihadapi siswa dalam menghafal adalah dengan cara pihak sekolah, ustadz, dan siswa sendiri saling bekerja sama yaitu pihak sekolah memberikan sarana prasana yang baik, ustadz memberikan motivasi dan semangat kepada para siswa, siswa sendiri harus semangat, merenungi dan melaksanakan nasehat dari ustadz.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi, Tahfidz Al-Qur’an, MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus. | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2023 02:33 | ||||||
Last Modified: | 16 Mar 2023 02:33 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9266 |
Actions (login required)
View Item |