Strategi Pengembangan Dakwah oleh Komunitas KREASI Kudus

Septiana, Fina (2022) Strategi Pengembangan Dakwah oleh Komunitas KREASI Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (169kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (327kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Komunitas Remaja Islam Berpestasi (KREASI) merupakan salah satu komunitas Islam yang berada di Kabupaten Kudus. KREASI merupakan salah satu komunitas Islam yang memiliki semangat mensiarkan nilai-nilai ajaran Islam pada generasi muda, yang terdiri dari beberapa pemuda muslim dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda dimana umumnya memiliki keterkaitan yang memiliki tujuan yang sama untuk mesiarkan Islam.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pengembnagn dakwah di komunitas KREASI Kudus (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan dakwah oleh komunitas KREASI Kudus. Penelitian dilaksanakan dengan memakai pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian human instrument. Peneliti ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta sampling dari informasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teori dari Milles and Huberman yang terdiri dari tiga teknik analisis data yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display). Data ini diperoleh melalui wawancara dengan pendiri KREASI, ketua KREASI Kudus, pengurus KREASI Kudus, anggota KREASI Kudus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama dalam strategi pengembangan dakwah di komunitas KREASI ini antara lain: Mengadakan kajian rutinan setiap dua minggu sekali dan kajian akbar setiap satu tahun sekali, rihlah antar cabang komunitas KREASI, mengadakan Safari Home. Kedua faktor pendukung strategi pengembangan dakwah oleh komunitas KREASI Kudus meliputi: KREASI Kudus memiliki tempat basecame sendiri, memiliki royalitas dan semangat yang besar dari pihak pengurus KREASI Kudus, respon yang baik dari para jamaah KREASI Kudus, kegiatan kolaborasi antar komunitas, lingkungan. Adapun faktor peghambatnya antara lain: Keterbatasan sumber daya manusia (SDM), menentukan tema/judul, kuragnya komunikasi antara pengurus dan anggota, adanya virus corona, biaya operasional, budaya kultur ke NU an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRochanah, RochanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Dakwah, Komunitas Kreasi Kudus
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Mar 2023 07:37
Last Modified: 24 Mar 2023 07:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9420

Actions (login required)

View Item View Item