Susanto, Edy (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL FIQIH MELALUI KITAB RIAYATAL HIMMAT KARANGAN KYAI HAJI AHMAD RIFAI DI MTS MIFTAHUL MUHTADIN SUNDOLUHUR KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (659kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (388kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal fiqih melalui kitab Riayatal Himmat karangan Kyai Haji Ahmad Rifai di MTs Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati.; 2) Faktor yang mendorong dan menghambat Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal fiqih melalui kitab Riayatal Himmat karangan Kyai Haji Ahmad Rifai di MTs Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu MTs Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati, mengenai pelaksanaan pembelajaran muatan lokal fiqih melalui kitab Riayatal Himmat, kemudian observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki objek penelitian yakni MTs Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan suasana pelaksanaan pembelajaran Fiqih melalui kitab Riayatal Himmat di kelas VIII, dan penerapan kitab Riayatal Himmat dalam internalisasi materi pada mata pelajaran Fiqih. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Pelaksanaan pembelajaran muatan local fiqih melalui kitab Riayatal Himmat di MTs Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati berdasarkan hasil penelitian adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman peserta didik dalam belajar, dengan adanya rujukan kitab Riayatal Himmat ini, peserta didik/ siswa diarahkan oleh guru untuk menghafalkan materi yang ada dalam kitab, dan setelah itu guru menjelaskan materi kepada siswa dengan procedural dan deklaratif . Sebagian besar guru yang telah menggunakan interaksi belajar mengajar, yang didukung juga dengan fasilitas-fasilitas dan media belajar yang lengkap sesuai kebutuhan, seperti perpustakaan, mushola, serta ruang kelas.;2) Rujukan kitab Riayatal Himmat dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati berdasarkan hasil penelitian adalah baik. Berdasarkan faktor yang mendorong yaitu tingkat intelegensi peserta didik yang baik, adanya kreativitas peserta didik, dan fasilitas pembelajaran yang mendukung, sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu adanya kurang perhatian dari pihak keluarga peserta didik, tetapi semua hal itu dapat diatasi guru dengan meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Guru dapat memaksimalkan potensi peserta didik yang selalu ikut aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Fiqih, Kitab Riayatal Himmat Karangan Kyai Haji Ahmad Rifai |
Subjects: | 200 Agama Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 May 2017 03:03 |
Last Modified: | 11 May 2017 03:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/976 |
Actions (login required)
View Item |