Nihhlah, Nakhilatun (2023) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis braille pada Penyandang Disabilitas Sensorik Netra di PPSDSN Pendowo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (382kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (389kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (982kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (618kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (744kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (296kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan 1) pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan baca tulis braille pada disabilitas netra di PPSDSN Pendowo Kudus. 2) faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan baca tulis braille pada disabilitas netra di PPSDSN Pendowo Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (filed research) yang mana menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 7 informan yang masing masing merupakan kepala panti, pegawai panti, wali kelas KBLD, instruktur baca tulis braille dan 3 penerima manfaat. Dalam uji keabsahan data yaitu melalui triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Untuk teknik analisis data, yaitu data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data disply, dan conclusion drawing/verivication. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan baca tulis braille terdapat tiga kegiatan dalam pelaksanaan bimbingan kelompok yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran baca tulis braille dilakukan oleh pembimbing kelas KBLD pada mata bimbingan Bahasa Indonesia secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan baca tulis braille. Metode pembelajaran yang dipakai adalah metode ceramah, metode drill, metode hafalan dan metode mengeja. Media atau alat bantu berupa papan tulis braille (plang) dan brailtex. Alat yang dipakai berupa riglet, stylus dan kertas braille. Evaluasi untuk menentukan kriteria keberhasilan dilakukan dengan cara memberikan penilaian dalam bentuk tes dan non tes. Adapun faktor penghambatnya yang diperoleh peneliti adalah: Strandar akreditasi panti masih belum memenuhi. Kemampuan penerima manfaat dalam kognitif dan daya tangkap yang berbeda dalam hal menangkap materi dan mengikuti bimbingan pembelajaran. Kurangnya jam pembelajaran dalam bimbingan membaca dan menulis braille. Selain itu sarana dan prasarana yang masih kurang dan belum standard seperti boneka manekin sebagai alat peraga sudah rusak, meja dan kursi masih kurang, komputer bicara, dan CCTV. Dengan adanya sarana dan prasarana yang terbatas, tetapi secara umum pelaksanaan pembelajaran bisa dilakukan dengan lancar. Selain itu peralatan yang digunakan untuk menulis semuanya sudah lengkap dari riglet, stylus dan kertas braille sudah tersedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Bimbingan Kelompok, Baca Tulis Braille | ||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.8 Motivasi Diri |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 05 May 2023 02:06 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2023 02:06 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9913 |
Actions (login required)
View Item |