Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Saintifik Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Di Sdn 4 Gulang Mejobo Kudus

Shofa, Firsya Maurna (2023) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Saintifik Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Di Sdn 4 Gulang Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis saintifik di SDN 4 Gulang Mejobo Kudus. 2) Keberhasilan penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis saintifik dalam melatih ketrampilan proses sains pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 4 Gulang Mejobo Kudus. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis saintifik pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 4 Gulang Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field recerch). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas V sekaligus guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V, serta melalui dokumentasi. Teknis analisa data yang digunakan adalah dengan reduction (Reduksi data), display (Penyajian Data), dan conclusion drawing / verification ( Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi). Hasil penelitaian menunjukkan: Pertama, Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik Dalam Melatih Ketrampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA kelas V di SDN 4 Gulang Mejobo Kudus terdapat 3 tahapan yaitu tahap yang pertama adalah perencanaan. Tahap yang kedua pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis saintifik. Dan tahap yang ketiga adalah evaluasi. Kedua, Keberhasilan Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik Dalam Melatih Ketrampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA kelas V di SDN 4 Gulang Mejobo Kudus pembelajaran dikelas yang berjalan aktif, peserta didik bersemangat mengamati setiap hal yang berkaitan dengan materi, mengelompokan objek yang berhubungan dengan materi, melakukan pengukuran. Peserta didik menjadi percaya diri mengomunikasikan hasil pekerjaannya, dan peserta didik mampu membuat kesimpulan dari hasil belajarnya. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis saintifik pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 4 Gulang Mejobo Kudus yaitu faktor pendukung diantaranya manajemen sekolah yang baik, profesionalisme guru yang sudah terjamin, sumber belajar yang memadai, metode dan media pembelajaran yang variatif, terdapat minat belajar dan kompetisi belajar antar peserta didik. Dan faktor penghambat diantaranya sarana prasarana yang kurang memadai, dukungan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik yang kurang, dan kesiapan mental belajar peserta didik yang tidak sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elva UmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Keterampilan Proses Sains (KPS), Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 06:23
Last Modified: 17 May 2023 06:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item View Item