Pengaruh Bahan Ajar Berbantu Lagu (Sholawat Sains) dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kritis Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan di MTs NU Assalam Kudus

Azizah, Nur (2023) Pengaruh Bahan Ajar Berbantu Lagu (Sholawat Sains) dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kritis Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan di MTs NU Assalam Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

Pendidikan memiliki tujuan penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, setiap pendidik berkewajiban untuk memenuhi tuntutan tersebut dengan menciptakan suasana belajar mengajar yang baik dan efektif. Salah satunya dengan merancang pembelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik. Bahan ajar yang digunakan embelajaran IPA di MTs NU Assalam masih menggunakan bahan ajar lks berpusat pada peserta didik dengan model konvensional secara ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan bahan ajar berbantu lagu (sholawat sains) dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem respirasi manusia di MTs NU Assalam Kudus. (2) Efektivitas penggunaan bahan ajar berbantu lagu (sholawat sains) dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem respirasi manusia di MTs NU Assalam Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek Penelitian adalah Kelas VIII E dan VIII G MTs NU Assalam yang berjumlah 72 peserta didik. Teknik pengambilan sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan responden peserta didik kelas VIII. Data diperoleh dari wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis intrumen, analisis deskriptif, dan analisis statitistik inferensensial. Analisis Intrumen meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Adapun analisis deskriptif mengunakan mean dan analisis statistic inferensial menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesisi uji T yaitu uji Independent Sample T-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan antara bahan ajar lagu (sholawat sains) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Data tersebut diperoleh dari Hasil uji independent sample t-tes diperoleh Sig.t-test (2-tailed) 0,001 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran yang menggunakan bahan ajar berbasis lagu (sholawat sains). Peningkatan hasil belajar yang dicapai dalam penelitian ini adalah hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbantu lagu (sholawat) dihasilkan nilai rata- rata 85 dan hasil nilai > 70 diperoleh rata – rata 90% dengan jumlah 27 peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa Pembelajaran yang menggunakan bahan ajar berbantu lagu (sholawat sains) sangat cocok digunakan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik dikelas VIII pada materi sistem pernapasan di MTs NU Assalam Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Lagu (Sholawat Sains), Motivasi dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 07:45
Last Modified: 17 May 2023 07:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10023

Actions (login required)

View Item View Item