Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PAI Berkarakter Pembelajaran Abad 21 di SMA Negeri 1 Mijen Demak

Rozi, Muhammad Fahrur (2023) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PAI Berkarakter Pembelajaran Abad 21 di SMA Negeri 1 Mijen Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)

Abstract

Kualitas Pendidikan di Indonesia pada saat ini masih tertinggal dari negara-negara lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk, 1) Mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Demak. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PAI berkarakter pembelajaran abad 21 di SMA Negeri 1 Mijen Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari peneliti adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya wawancara kepada informan yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru mapel PAI, dan peserta didik, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PAI berkarakter pembelajaran abad 21 di SMA Negeri 1 Mijen Demak diawali dengan, 1) Tahap persiapan guru mempersiapkan RPP, dan media pembelajaran. 2) Kegiatan awal, dilakukan dengan membaca doa terlebih dahulu kemudian guru mengucapkan salam kepada peserta didik, serta memberikan motivasi kepada peserta didik. 3) Kegiatan inti, guru memberikan materi tentang ekonomi Islam diantaranya jual beli, khiyar, utang piutang, menghindari dari riba, sewa menyewa, syirkah, perbankan syariah, dan asuransi syariah. 4) Kegiatan akhir, guru mengevaluasi memberikan arahan dan tambahan kepada peserta didik sekiranya ada yang kurang. 5) Tahap evaluasi, guru melakukan evaluasi pembelajaran setiap setelah ujian tengah semester. Adapun pembelajaran berkarakter abad 21 dilaksanakan dengan tahapan, 1) Melatih kreatifitas peserta didik diberi tugas untuk membuat peta konsep, 2) Melatih berpikir kritis peserta didik, 3) Melatih kolaborasi peserta didik diberi tugas untuk berkelompok dan berdiskusi. 4) Melatih komunikasi yang baik. Faktor pendukung pertama, tersedianya buku pegangan siswa, proyektor, sound, alat tulis, kertas asturo dan whiteboard. Kedua, sekolah mengadakan pelatihan dan musyawarah guru mata pelajaran. Ketiga, guru lebih menguasai model pembelajaran yang baru dan akan lebih mudah dalam penerapannya. Faktor penghambat dari penerapan model problem based learning berkarakter pembelajaran abad 21 dalam kegiatan pembelajaran PAI yang pertama, kurangnya jam pembelajaran. Kedua, kurang ketertarikannya peserta didik pada mata pelajaran PAI yang meyebabkan peserta didik menjadi malas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, MualimulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Problem Based Learning, Pembelajaran Abad 21, Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2023 07:12
Last Modified: 19 May 2023 07:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10030

Actions (login required)

View Item View Item