Pemanfaatan Media Sosial Youtube Lagu-lagu Daerah Pada Pembelajaran Tematik Materi Seni Budaya dan Prakarya di MI NU Tarbiyatul Allah Tahun Ajaran 2021/2022

Farika, Eva Yuli Nor (2023) Pemanfaatan Media Sosial Youtube Lagu-lagu Daerah Pada Pembelajaran Tematik Materi Seni Budaya dan Prakarya di MI NU Tarbiyatul Allah Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (357kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran lagu-lagu daerah pada materi seni budaya dan prakarya kelas V di MI NU Tarbiyatul Aulad. (2) Untuk mendeskripsikan penggunaan media social youtube lagu-lagu daerah pada materi seni budaya dan prakarya kelas V di MI NU Tarbiyatul Aulad. (3) Untuk menganalisis cara memanfaakan media social Youtube lagu-lagu daerah materi seni budaya dan prakarya kelas V di MI NU Tarbiyatul Aulad. (4) Untuk menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan pemahaman pemahaman siswa terhadap lagu-lagu daerah materi seni budaya dan prakarya kelas V di MI NU Tarbiyatul Aulad. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research) peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menyediakan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai data primer yaitu kepala madrasah, guru pengampu seni budaya dan prakarya kelas 5, peserta didik kelas 5. Data sekunder berupa RPP, foto saat pembelajaran pemanfaatan media social youtube pada kelas 5, gambaran umum MI NU Tarbiyatul Aulad Kesambi Mejobo Kudus seperti sejarah berdirinya madrasah, letak geografis, visi misi dan tujuan madrasah, kelembagaan dan struktur organisasi madrasah, keadaan Guru dan peserta didik madrasah, sarana dan prasarana madrasah. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, display, verification, penyajian data, dan dicari kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran lagu-lagu daerah pada materi seni budaya dan prakarya kelas V MI NU Tarbiyatul Aulad berjalan sesuai tujuan dapat di lihat saat proses pembelajaran. (2) Penggunaan media social youtube diterapkan pada lagu-lagu daerah dalam materi seni budaya dan prakarya kelas V, dapat dilihat saat pembelajaran dilakukan dengan cara memperlihatkan. (3) Aktivitas pembelajaran menjadi lebih efektif dengan media social youtube, hal ini dapat dilihat peserta didik lebih semangat dan aktif. (4) Faktor penghambat seperti tahapan pencarian sumber yang disesuaikan, perhatian guru dalam pemahaman siswa, jaringan internet yang terkadang kurang stabil, dan sikap instan pencarian informasi. Adapun faktor pendukung yakni situs yang gratis, dapat dijangkau oleh semua kalangan, memberikan banyak informasi terbaru, sangat popular dan membrikan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media social youtube, lagu-lagu daerah, dan seni budaya dan prakarya.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2023 02:16
Last Modified: 25 May 2023 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10069

Actions (login required)

View Item View Item