Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Kelas Ix Mts. Nu Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Rosyada, Amalina (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Kelas Ix Mts. Nu Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas IX MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, untuk mengetahui gambaran perencanaan karier siswa kelas IX MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, serta untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan perecanaan karier siswa kelas IX MTs. NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif pre-eksperimental yaitu yang dilakukan dengan memberikan perlakuan tertentu terhadap subjek yang bersangkutan dengan menggunakan one-group pretest-postest design. Sampel yang digunakan sebanyak 9 peserta didik kelas IX MTs, NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yang memiliki perencanaan karier tinggi, sedang, dan rendah. Yang mana dalam setiap kategori masing-masing berjumlah 3 subjek. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok diberikan sebanyak 4 kali dan subjek diobserbasi sebanyak 2 kali (pretest-postest). Teknik pengumpulan data menggunaan angket. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok secara kesuluruhan berjalan dengan baik dan lancar serta menjalankan peraturan yang telah disepakati antara pemimpin dengan anggota kelompok. Kesimpulan yang diperoleh dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok adalah siswa lebih memahami bahwa perenacanaan karier sangat membantu mereka untuk mewujudkan karier atau cita-cita mereka dimasa depan, melalui kegiatan ini siswa mulai memiliki rasa percaya diri dalam berkomunikasi. Gambaran perencanaan karier sebelum diberikan perlakuan memiliki rerata 185,33 dan setelah diberikan perlakuan memiliki rerata 226,89 dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan jumlah peningkatan 16,5%. Analisis data menggunakan rumus uji t sampel berpasangan. Dari hasil data diperoleh yakni hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok berpengaruh terhadap meningkatnya perencanaan karier siswa. Serta dari hasil analisis data diperoleh yakni t hitung sebesar -5,750 dan t tabel 2,306 dengan tarak signifikan 5%, sehingga diketahui bahwa t hitung = 5,750 > t tabel = 2,306. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 May 2023 06:34
Last Modified: 30 May 2023 06:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item