Hannany, Ahmad (2023) Optimalisasi Digital Fundraising Melalui Platform Digital Dalam Menghimpun Dana ZIS (Studi Kasus LAZISMU Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (431kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (627kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (299kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (476kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis optimalisasi digital fundraising dalam menghimpun dana ZIS di LAZISMU Pati. Perkembangan teknologi berbasis internet semakin pesat dirasakan masyarakat. Bahkan hal tersebut dirasakan masyarakat dunia pada umumnya.Hal tersebut karena internet memiliki manfaat yang langsung dirasakan oleh para penggunannya. Lebih khusunya para pengguna internet yang memfungsikannya sebagai media komunikasi dan sosialisasi pemasaran. Perkembangan ini akan direspon dengan semakin maraknya perusahaan, instansi, lembaga atau organisasi yang memanfaatkan media tersebut untuk mensosialisasikan unitnya maupun produk atau jasa yang ditawarkan. Di beberapa kalangan masyarakat, ada yang memanfaatkan beragam platform digital untuk melakukan sosialisasi. Hal tersebut juga dilakukan oleh hampir seluruh instansi dan lembaga pengelola zakat, dalam hal sosialisasi dan penghimpunan dana ZIS. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang dilakukan adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan dua cara yaitu perpanangan pengamatan triangulasi. Teknik analisa data pada penelitia ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajia data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, bentuk-bentuk platform digital dalam menghimpun dana ZIS dan ada dua hal dasar yang menjadi strategi LAZISMU Pati dalam melaksanakan fundraising melalui media sosial antara lain facebook, instragram, website, Qris, youtube. Kedua, LAZISMU Pati membuat rancangan atau strategi khusus sebagai daya tarik agar dalam penghimpunan lewat media sosial akan lebih mudah. Salah satu rancangan atau strategi dari LAZISMU Pati lewat media sosial yaitu dengan cara membuat postingan, pamflet dan video dakwah tentang masalah berzakat. Ketiga, hambatan yang dihadapi oleh LAZISMU Pati saaat melakukan kegiaan penghimpunan dana ZIS itu salah satunya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga zakat masih kurang, dan kesadaran masyarakat terhadap membayar zakat masih minim.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Digital Fundraising, LAZISMU | ||||||
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 May 2023 02:10 | ||||||
Last Modified: | 31 May 2023 02:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10123 |
Actions (login required)
View Item |