Implementasi metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa inggris pada anak usia dini di TK Pertiwi II Mulyorejo (studi analisis neurosains)

Khasanah, Zumrotun (2023) Implementasi metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa inggris pada anak usia dini di TK Pertiwi II Mulyorejo (studi analisis neurosains). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (758kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskirpsikan dan menganalisis tentang: (1) konsep perencanaan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa inggris pada anak usia dini di TK Pertiwi II Mulyorejo. (2) pelaksanaan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa inggris pada anak usia di TK Pertiwi II Mulyorejo. (3) Analisis neurosains dalam pelaksanaan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa inggris pada anak usia dini di TK Pertiwi II Mulyorejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berasal dari kepala sekolah TK Pertiwi II Mulyorejo dan segenap guru yang mengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan analisis sebelum dilapangan dan analisis data setelah dilapangan yang terdiri dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusing drawing or verivication (verifikasi data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep perencanaan pembelajaran metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa inggris anak usia dini di TK Pertiwi II mulyorejo terdiri dari progam semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang berdasarkan kurikulum tahun 2013. (2) Pelaksanaan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa inggris anak usia dini di TK Pertiwi II mulyorejo dilaksanakan dengan langkah-langkah kegiatan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan memperhatikan strategi dan media pembelajaran yang tepat. (3) Analisis neurosains dalam pelaksanaan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa inggris pada anak usia dini di TK Pertiwi II Mulyorejo yaitu dengan melalui pemilihan gerak dan lagu yang telah disesuaikan dengan kemampuan anak. Menggunakan observasi, catatan anekdot dan unjuk kerja sebagai evaluasi pembelajaran. Mengkondisikan kelas dengan nyaman sehingga metode gerak dan lagu dapat optimal. Hambatan yang dihadapi TK Pertiwi II Mulyorejo dalam Implementasi metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa inggris pada anak usia dini (teori analisis neuroains pendidikan islam) yaitu kurang bersemangatnya anak, serta pemilihan gerak dan lagu yag rumit dan ruang kelas yang kurang memadai. Untuk itu solusi mengatasi kendala dalam implementasi metode gerak dan lagu pada anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Inggris adalah guru mempersiapkan media pembelajaran sebelum pembelajaran. Guru dapat memilih gerakan yang mudah ditiru dan diingat. Guru dapat membuat suasana kelas yang kondusif dan lebih bergairah sebelum pembelajaran dimulai agar anak siap dan fokus menerapkan metode gerak dan lagu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsnawati, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Gerak dan Lagu, Kemampuan Menghafal Kosakata, Bahasa Inggris, Neurosains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:32
Last Modified: 05 Jun 2023 03:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10138

Actions (login required)

View Item View Item