Strategi Pemasaran Peci Goni Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sentra Pengrajin Goni Dan Pandan Nusantara Desa Piji Dawe Kudus)

Muqim, Naimum (2023) Strategi Pemasaran Peci Goni Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sentra Pengrajin Goni Dan Pandan Nusantara Desa Piji Dawe Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (97kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (478kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi peci goni di Sentra Pengrajin Goni Dan Pandan Nusantara Desa Piji Dawe Kudus. Untuk mengetahui strategi pemasaran peci goni dalam upaya meningkatkan penjualan di Sentra Pengrajin Goni Dan Pandan Nusantara Desa Piji Dawe Kudus. Untuk mengetahui kendala dan solusi pemasaran peci goni dalam upaya meningkatkan penjualan di Sentra Pengrajin Goni Dan Pandan Nusantara Desa Piji Dawe Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan sasaran penelitiannya hanya salah satu kelompok masyarakat yang menjadi sasaran penelitiannya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kodifikasi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi peci goni di Sentra Pengrajin Goni dan Pandan Nusantara Desa Piji Dawe Kudus menggunakan bahan baku karung goni (serabut kelapa), kain furing/laken, busa dan benang. Bahan baku tersebut diperoleh dari pengepul karung goni daerah Desa Klumpit Gebog Kudus. Strategi pemasaran peci goni dalam upaya meningkatkan penjualan di Sentra Pengrajin Goni dan Pandan Nusantara Desa Piji Dawe Kudus dengan memberdayakan aspek 4P yaitu product, price, promotion, place. Kendala pemasaran peci goni dalam upaya meningkatkan penjualan di Sentra Pengrajin Goni dan Pandan Nusantara Desa Piji Dawe Kudus yaitu biaya promosi berupa hadiah/pemberian peci kepada tokoh terkenal/saat event UMKM terkadang keluar banyak. Solusi pemasaran peci goni dalam upaya meningkatkan penjualan di Sentra Pengrajin Goni dan Pandan Nusantara Desa Piji Dawe Kudus yaitu menghitung biaya promosi sebagai bagian biaya produksi sehingga beban yang dikeluarkan produsen tidak terlalu besar mengingat feedback biaya promosi tersebut berdampak besar kepada merek peci goni

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuhadi, SuhadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Penjualan
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:13
Last Modified: 09 Jun 2023 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10179

Actions (login required)

View Item View Item