Analisis Strategi Mempertahankan Bisnis ditengah Pandemi Pada Toko Mitra Kampus Dersalam Bae Kudus

Zubaidah, Nurul (2023) Analisis Strategi Mempertahankan Bisnis ditengah Pandemi Pada Toko Mitra Kampus Dersalam Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (857kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

Dampak pandemi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap sektor perekonomian di Indonesia terutama para pelaku bisnis. Sebagian besar bisnis mengalami kelesuan akibat adanya pandemi dan aturan PSBB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Strategi bisnis yang diterapkan pada Toko Mitra Kampus Dersalam Bae Kudus pada masa pandemi, sehingga dapat diketahui strategi apa saja yang diterapkan Mitra Kampus dalam mempertahankan bisnis ditengah pandemi. 2) Kendala yang dihadapi Toko Mitra Kampus Dersalam Bae Kudus pada masa pandemi. Penelitian ini termasuk penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi,wawancara dengan pemilik, karyawan, dan konsumen Toko Mitra Kampus Dersalam Bae Kudus dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi bisnis yang diterapkan Toko Mitra Kampus pada masa pandemi adalah dengan menerapkan strategi operasional, strategi pemasaran, strategi manajemen sumber daya manusia dan strategi keuangan. Adapun strategi operasional yang diterapkan adalah membuat aturan dalam bekerja, melakukan pengendalian produk atau stok gudang, memilih lokasi yang strategis. Kemudian strategi pemasaran yang diterapkan Mitra Kampus pada masa pandemi adalah menentukan sasaran pasar, memasarkan produk melalui media sosial, menjual produk dengan harga yang murah, melakukan pengembangan produk, menjalin kerja sama dengan pihak lain dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen. Untuk strategi manajemen sumber daya manusia yang dilakukan adalah merekrut karyawan dengan baik,melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan dan mengadakan pelatihan. Kemudian strategi keuangan yang diterapkan adalah dengan melakukan pencatatan laporan penjualan dan mengelola keuangan dengan baik. 2) kendala yang dihadapi Mitra Kampus dalam mempertahankan bisnis ditengah pandemi adalah minimnya pembeli karena aturan PSBB, sulit mendapatkan barang dengan harga murah, adanya keterlambatan pengiriman barang, dan tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMustaqim, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Pandemi Covid-19
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:44
Last Modified: 09 Jun 2023 03:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10184

Actions (login required)

View Item View Item