Strategi Pendidikan Karakter di Pesantren Modern (Studi Kasus di Islamic Boarding School Mts N 1 Jepara)

Setiawan, Heru Ahmad (2023) Strategi Pendidikan Karakter di Pesantren Modern (Studi Kasus di Islamic Boarding School Mts N 1 Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (348kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan mengenai penerapan pembelajaran modern melalui pendidikan karakter di pesantren pada era millennial yang melibatkan peserta didik jenjang Madrasah Tsanawiyyah, Islamic boarding school MTs N 1 Jepara menjadi salah satu lembaga pendidikan yang didalamnya menanamkan pendidikan modern. Oleh sebab itu peneliti mencari tahu engan melakukan penelitian melalui metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mendatangi lokasi penelitian secara langsung. Penggunaan metode kualitatif dilakukan agar peneliti mendapatkan data yang sesuai dengan fakta yang ada di lapangan, yakni; 1) Untuk mengetahui strategi pesantren modern melalui pendidikan karakter di Islamic Boarding School MTsN 1 Jepara, 2) Untuk mengetahui wujud pendidikan karakter di pesantren modern Islamic Boarding School MTsN 1 Jepara relevan dengan modernisasi, dan 3) untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat education system modern melalui pendidikan karakter di Islamic Boarding School MTsN 1 Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, adapun dalam kegiatannya, peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dan pengamatan. Dengan menggunakan metode kualitatif, desain penelitian menggunakan study kasus, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan narasumber, observasi di Islamic boarding school MTs N 1 Jepara dan dokumentasi secara langsung sarana prasarana maupun kegiatan yang di lakukan di Islamic boarding school MTs N 1 Jepara Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam pelaksanaan sistem pembelajaran modern di Islamic boarding school MTs N 1 Jepara memiliki dua faktor yaitu antara faktor penghambat dengan faktor pendorong. Fakta yang di dapat oleh peneliti dari wawancara dengan narasumber tentang faktor penghambat pelaksanaan sistem pembelajaran modern di Islamic boarding school MTs N 1 jepara, yaitu di antaranya adalah peserta didik baru yang sebagian besar belum pernah merasakan tinggal di pesantren atau asrama sehingga cenderung tidak kerasan, penyalahgunan media tekhnologi oleh peserta didik, pergantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka yang cukup berdampak ke pendidik dalam proses penyesuaiannya dan kebiasaan peserta didik atas ketergantungannya terhadap handphone berdampak pada kemalasan peserta didik dalam belajar di Islamic boarding school

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyid, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Modernisasi, Pesantren, Pendidikan, Karakter
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:00
Last Modified: 09 Jun 2023 04:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item