Implementasi Pembelajaran Daring Melalui Video Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Kelas 6 di MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Rosyada, Min Amrina (2023) Implementasi Pembelajaran Daring Melalui Video Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Kelas 6 di MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (117kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (242kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu Dalam proses pembelajaran daring (Online) melalui video pembelajaran mata pelajaran IPS kelas 6 di MI NU Nurus shofa, Pendidik, peserta didik dan orang tua harus beradaptasi secara cepat dan tepat, dengan berbagai metode pembelajaran berbasis IT. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring melalui video pembelajaran mata pelajaran IPS kelas 6 MI NU Nurus Shofa. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran daring melalui video pembelajaran mata pelajaran IPS kelas 6 MI NU Nurus Shofa. 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan pendidik dalam mengatasi faktor penghambat penerapan pembelajaran daring melalui video pembelajaran mata pelajaran IPS kelas 6 di MI NU Nurus Shofa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini akan mendapat Sumber primer meliputi kepala MI, 1 tenaga pendidik , 1 wali peserta didik dan 2 peserta didik. Sedangkan sumber sekunder didapatkan melalui dokumentasi. Adapun penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain Wawancara, Oberservasi dan Dokumentasi. Pada penelitian ini pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu Uji kredibilitas data, Pada penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu untuk menguji validitas data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: Implementasi pembelajaran daring melalui video pembelajaran mata pelajaran IPS kelas 6 MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus yaitu: 1. Penerapan pembelajaran daring melalui video pembelajaran mata pelajaran IPS kelas 6 di MI NU Nurus Shofa di terapkan sejak bulan maret 2020. Menggunakan 3 langkah, yakni: a. Tahap perencanaan, b. Tahap pelaksanaan, dibagi 3 meliputi Pembuka,Inti,Penutup. c. Tahap Evaluasi dengan menggunakan google form dan soal uraian. 2. Ada beberapa faktor Pendukung dan faktor penghambat penerapan pembelajaran daring melalui video pembelajaran mata pelajaran IPS kelas 6 MI NU Nurus Shofa. Adapun faktor pendukung penerapan pembelajaran daring melalui video pembelajaran mata pelajaran IPS kelas 6 yakni: a. Lingkungan Sekolah, b. Kemampuan pendidik, c. Peserta didik dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat penerapan pembelajaran daring melalui video pembelajaran mata pelajaran IPS kelas 6 yakni: a. Waktu pembuatan video, b. karakter anak, c. Peserta didik dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSophya, Ida VeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Video Pembelajaran, Mata Pelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:14
Last Modified: 15 Jun 2023 06:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item