Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Al-Hidayah Kudus

Jannah, Futichatul (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Al-Hidayah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (438kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (801kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (610kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (741kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)

Abstract

Metode resitasi (Pemberian Tugas) adalah cara belajar mengajar dengan jalan siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Ada tiga fase pada dalam metode resitasi. Pertama, guru memberi tugas, ke dua siswa melaksanakan tugas, dan ke tiga siswa mempertanggung jawabkan apa yang telah dipelajari. Rumusan masalah penelitian ini yaitu:(1) Bagaimana Penggunaan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Mts Nu Al-Hidayah Kudus ? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak? (3)Bagaimana Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Mts Nu Al-Hidayah Kudus ? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau Field Research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs NU Al Hidayah Kudus yang berjumlah 95siswa. Pengumpulan data dil-akukan melalui instrumen berupa kuesioner atau angket, observasi, dan doku-mentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS statistik parametrik. Hasil pengujian i SPSS 16.0 serta data yang telah di-peroleh di lapangan, menunjukkan hasil analisis data yaitu: (1) Dengan menggunakan metode Resitasi diperoleh hasil rata-rata yaitu sebesar 36,76 dan termasuk dalam kategori cukup. (2) Hasil belajar siswa diperoleh hasil rata-rata yaitu sebesar 76,03 berada pada kategori cukup. (3) Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dengan melakukan uji T (uji signifikansi) dengan menggunakan pen-golahan data SPSS 16.0 dan diperoleh nilai sig. ˂ 0.05 (0,005 ˂ 0,05) dan di-peroleh nilai Thitung˃Ttabel (2,823˃1,993). Dari sini dapat disimpulkan bahwa Hο ditolak atau Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Al Hidayah Kudus. Metode resitasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Al Hidayah Kudus cukup baik, dan hal ini juga mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yang juga termasuk dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:15
Last Modified: 16 Jun 2023 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10288

Actions (login required)

View Item View Item